-->

Sabtu, 25 Maret 2023

Manfaatkan Momen Tumpek Uye, Pemerintah Kabupaten Karangasem Sebar Ribuan Bibit Ikan Di Perairan Desa Bungaya

   Manfaatkan Momen Tumpek Uye, Pemerintah Kabupaten Karangasem Sebar Ribuan Bibit Ikan Di Perairan Desa Bungaya

 

BALIKINI.NET | KARANGASEM — Umat Hindu di Bali melaksanakan hari Raya Tumpek Uye atau disebut juga Tumpek Kandang yang bermakna sebagai wujud rasa syukur dan terima kasih kepada binatang karena dapat membantu dalam kehidupan manusia. Dirayakan setiap enam bulan sekali (210 hari) atau sesuai dengan penanggalan Kalender Bali jatuh setiap hari Sabtu Wuku Uye.  

Pemerintah Kabupaten Karangasem melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Peternakan Karangasem memanfaatkan momen ini untuk melaksanakan kegiatan penebaran bibit ikan di perairan umum Desa Bungaya Kecamatan Bebandem yang disinergikan dengan Desa Adat dan Desa Dinas, Sabtu (25/3/2023). 

"Makna dari upacara Tumpek Uye ini adalah sebagai rasa syukur dan terima kasih kepada Ida Sanghyang Widi Wasa yang telah menciptakan binatang, ikan dan sejenisnya, karena dengan sarwa wewalungan dan sarwa mina tersebut telah membantu dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu kita harus berkomitmen untuk menjaganya untuk kelangsungan hidupnya dan kelangsungan hidup kita juga (Satwa Mriga Sewaka Manusa)," kata I Nyoman Siki Ngurah, Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Peternakan Karangasem saat membacakan pidato Bupati Karangasem.

Kegiatan tersebut diselaraskan dengan perayaan HUT SMP 4 Bebandem dimana sekaligus menjadi kegiatan edukasi bagi siswa-siswi disekolah tersebut. Para pelajar diajak untuk berjalan menyusuri sawah dan melepaskan sekitar lebih dari 2000 bibit ikan di perairan setempat.

Tak main-main, untuk tetap menjaga kelestarian dari bibit ikan yang telah disebarkan, para petinggi yang terlibat dalam kegiatan tersebut menandatangani surat pernyataan 

"Kegiatan ini sangat positif untuk melestarikan alam khususnya sungai dan mata air," Sambungnya.

Selanjutnya, Siki Ngurah berharap kegiatan penebaran ikan ini bisa memotivasi masyarakat, generasi muda untuk menjaga, memanfaatkan dan melestarikan sungai. Kedepannya diharapkan makin banyak masyarakat ataupun anak-anak yang tertarik untuk membudidayakan ikan di sungai sebagai wujud pelestarian alam dan ketahanan pangan hewani.(Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved