-->

Selasa, 09 Januari 2024

Warga Bungaya Dulang Pundi-pundi Rupiah Dari Daun Ental

 Warga Bungaya Dulang Pundi-pundi Rupiah Dari Daun Ental


Karangasem, Bali Kini -
Daun Ental (lontar) bagi masyarakat Bali memiliki manfaat yang luar biasa. Selain untuk karya tulis atau nyurat daun lontar juga dapat dimanfaatkan sebagai Tamas Ental yang sering digunakan sebagai salah satu wadah sarana upacara agama Hindu di Bali. 


Hal ini juga menjadikan kesempatan bagi Ni Nengah Kertiani (50) ibu rumah tangga berasal dari Dusun Timbul, Desa Bungaya, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Bali. untuk berkreasi membuat Tamas Bali untuk mendulang pundi-pundi rupiah. 


Nengah Kertiani membeli daun ental (lontar) dan diolah menjadi Tamas Bali. Dalam proses membuat Tamas Ental dibutuhkan ketekunan. Pertama daun ental mentah di jemur terlebih dahulu untuk mendapat tekstur yang agak keras agar mudah dibentuk. Sebagian lagi, daun ental diberi pewarna sintetis, disini biasanya menggunakan warna merah. Usai menjemur, daun ental dibentuk sedemikian rupa dan mulai dirangkai menjadi Tamas. 


Tamas yang sudah berbentuk wadah bundar ini kemudian dijarit di bagian sisi-sisinya menggunakan tali karung plastik berwarna putih. Selain berguna untuk memperkuat jahitan dari Tamas itu sendiri, juga menambah nilai estetikanya. 


Dalam 1 minggu, Nengah Kertiani dapat memproduksi 1000 pcs Tamas yang nantinya dijual ke pengepul. "1 ball Tamas berisi 200 pcs itu dihargai Rp. 130.000," Tandasnya, Selasa (9/1/2024). Rata-rata 1 ball Tamas itu akan ia selesaikan dalam 2 hari. 


"Tapi biasanya saya dibantu oleh anak perempuan saya. Sepulang sekolah ia mulai menjadi Tamas bersama saya, " Katanya. 


Menurutnya, Tamas Ental ini akan ramai diminati orang-orang karena banyaknya upacara agama di Bali yang memerlukan Tamas sebagai salah satu sarana upacaranya. "Biasanya di hari-hari raya pasti banyak terjual. Namun jika belum terjual juga, saya tidak akan rugi, karena Tamas ini tidak cepat rusak," Sambungnya. (Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved