-->

Jumat, 22 Juli 2016

Jelang Ajaran Baru SMPN 3 Bangli Gelar Upacara Upanayana

Jelang Ajaran  Baru SMPN  3 Bangli  Gelar Upacara Upanayana

rajah (balikini.net)
Balikini.Net---Sudah menjadi tradisi setiap tahun ajaran baru pihak SMPN 3 Bangli menggelar upacara Upanayana bagi siswa baru .Upacara yang diperuntukan bagi siswa baru itu,  dilasanakan di Pura Silayukti, Selasa (19/07/2016) lalu.Upacara ini diikuti 259 siswa.  Dalam ritual ini,  lidah para siswa  dirajah dengan aksara suci  “ Ongkara “.  Upacara  Upanayana dipuput Ida Pedanda dari Gerya  Sidawa.

Menurut Kepala sekolah SMPN 3 Bangli I Nengah Suardana  saat dikonfirmasi , Jumat( 22/07/2016) mengungkapkan  upacara upanayana peruntukanya bagi siswa baru yang  memeluk agama Hindu.  Kata dia, untuk upacara upanayana tahun ini dilaksanakan di Pura  Seleyukti, Klungkung.  “Makna dari dilaksanakan upcara upanayana ini  adalah  sebagai proses penyucian diri bagai siswa baru  sebelum  mengalami  masa   belajar di sekolah . Dengan harapan  siswa  dalam menempuh pendidikan diberikan kemudahan serta ingatan yang tajam,”katanya.

 Kata dia, upcara upanayana diisi dengan ritual  merajah lidah siswa dengan aksara suci. Maknanya agar  siswa nantinya  bisa  berprilaku sopan , berbicara  dengan baik  dengan siapapun . Dalam upacara ini siswa juga dipasangi “ karawista”  yang berupa  tiga helai alang-alang  yang dirangkai sedemikian rupa hingga bagian depan/ujungnya membentuk lingkaran (windu) dan titik (nada). “Hal ini  merupakan simbolisasi dari Aksara Suci OM- yang tersusun melalui Bija Aksara A-U-M,”sebut Suardana.

Papar Suardana untuk kegiatan upanayana  dikemas  dalam bentuk titrayatra. Siswa diajak sembahyang di pura kayangan jagat yang radiusnya dekat dengan pura Sileyukti , seperti  bersembahyang dipura  Goa Lawah  dan Watuklotok. “Kita harap dengan upacara ini siswa bisa menempuh pendidikan dengan baik,”papar dia.

Disebutkan, tidak saja siswa baru yang mengikuti ritual, bagi siswa yang lulus  pun dilaksanakan upacara . Bagi siswa yang telah mengakhiri menempuh pendidikan di SMPN 3 Bangli, dibuatkan upacara pawintenan atau yang dikenal dengan istilah Samawartana . Untuk  upacara samawartana dilaksanakan di sekolah. “Samawartana merupakan pemberian pengesahan terhadap para siswa  yang telah lulus dalam menempuh pendidikan selama tiga tahun di SMPN 3 Bangli "pungkasnya.(Anggi/r6)

.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved