-->

Selasa, 12 Desember 2017

Denpasar Festival Film Pendek Di Pengujung Tahun

Denpasar Festival Film Pendek Di Pengujung Tahun

Denpasar , Balikini,Net - Minikini Sebagai organisasi pertama di Indonesia yang menyatakan diri fokus pada film pendek, sangat percaya bahwa film pendek, seperti puisi atau cerita pendek adalah karya mandiri dengan kekuatan literatur tersendiri. 
 
Film pendek pilihan yang diprogram dengan baik adalah stimulan yang kuat untuk diskusi, yang pada gilirannya akan merangsang pola berpikir kritis. Berangkat dari gagasan tersebut, Minikino mulai menginisiasi program-program khusus film pendek dengan diskusi yang dimoderasi. Salah satunya, yaitu Open December yang tahun ini telah memasuki tahun ke-15. Mulai dilaksanakan sejak tahun 2003 yang silam, acara tahunan Open December selalu menarik perhatian publik terutama bagi para filmmaker lokal.

Open December merupakan sebuah acara pemutaran terbuka di mana siapa saja bisa membawa, menonton, dan mendiskusikan film tanpa ada pembatasan tema mau pun genre. Open December membuka kesempatan bagi para filmmaker untuk memutar filmnya tanpa melalui proses kurasi. Syarat utamanya adalah sang filmmaker atau tim produksi film tersebut wajib hadir saat pemutaran dan durasi film tidak boleh lebih dari 20 menit.

Yang unik dalam acara Open December, urutan pemutaran akan dimulai dengan film berdurasi terpendek. Slot waktu untuk keseluruhan acara dibatasi 120 menit. Para filmmaker diharapkan hadir satu jam sebelum acara dimulai untuk mendaftar dengan membawa USB berisikan filmnya yang sudah berbentuk digital (kompresan H264 dengan containernya mp4 ). Perlu diperhatikan bahwa durasi acara tidak akan berkompromi dengan jumlah pendaftaran, sehingga akan ada resiko film yang berkesempatan diputar karena acara kehabisan waktu. Selanjutnya, di tiap akhir pemutaran film akan ada diskusi kecil antara filmmaker dengan penonton.[tm/r6]


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved