Dewan Berikan Rekomendasi Terkait Isu-isu Strategis dan Program
-->

Header Menu

BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA
Cari Berita

Advertisement


Dewan Berikan Rekomendasi Terkait Isu-isu Strategis dan Program

Bali Kini
Senin, 11 Februari 2019

DENPASAR-DPRD , Balikini.Net - Bali kembali menggelar Sidang Paripurna dengan agenda penyampaian Laporan Dewan terhadap Raperda tentang RPJPD Semesta Berencana Provinsi Bali 2005-2025 dan RPJMD Semesta Berencana Provinsi 2018-2023. Dalam laporan yang dibacakan oleh Ketua Komisi I Ketut Tama Tenaya tersebut, Dewan juga memberikan masukan, saran, dan rekomendasi terkait isu-isu strategis. 

Pertama, mengapresiasi langkah Gubernur Bali Wayan Koster terhadap penurunan tingkat kemiskinan hingga mencapai satu persen, namun perlu disinkronisasikan dengan pertumbuhan ekonomi, agar proposional dengan penurunan tingkat kemiskinan. Kedua, menghimbau kepada Gubernur terkait penyesuaian serta penyelarasan target-target program dalam Raperda RPJMN dan RPJPD agar di dalam merumuskannya untuk Iebih cermat dan teliti karena dokumen tersebut sangat dipengaruhi oleh target-target program di Kabupaten/Kota. Ketiga, mencermati di dalam target keseimbangan struktur ekonomi Bali, dewan. menghimbau agar ke depan keseimbangan antar sektor untuk sungguh-sungguh ditangani.

Keempat, untuk meningkatkan Pendapatan Daerah di Provinsi Bali,dewan mengapresiasi upaya-upaya yang telah dilakukan oleh saudara gubernur untuk menambah sumber pendapatan yang Iain sepeti pendapatan yang diperoleh melalui kontribusi wisatawan mancanegara, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kelima, dewan juga mengingatkan Gubernur untuk melakukan perbaikan terhadap narasi yang digunakan dalam Ranperda. Keenam, Penyampaian RPJMD pada Bab Ill “Gambaran Keuangan Daerah”, yang menyajikan capaian atau realiasi keuangan periode Tahun 2013-2017 menggunakan sumber: “SIPD Provinsi Bali”, dimana nominalnya masih terjadi banyak perbedaan dengan jumlah-jumlah dalam Laporan Keuangan yang sudah diaudit BPK RI. Ketujuh, Gubernur diminta agar memetakan beberapa hambatan dan tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan RPJMD Semesta Berencana Provinsi Bali Tahun 2018-2023 yang akan dijadikan pedoman pelaksanaan program pembangunan Daerah Bali dalam kurun waktu 5 (lima) tahun ke depan. Terakhir, terkait dengan Bidang Pembangunan kami mohon kepada saudara gubernur agar bisa menuntaskan 5 (lima) bidang arah kebijakan pembangunan dan program prioritas dalam 5 (lima) tahun, utamanya mengintegrasikan dan mengkoneksitas program infrastruktur darat, laut, dan udara, mengingat untuk mewujudkannya sangat membutuhkan ruang flskal yang sangat besar.  Dp/r2