-->

Rabu, 15 Mei 2019

PEMKAB JEMBRANA HATURKAN BAKTI PENGANYAR DI PURA LUHUR GIRI SALAKA ALAS PURWO

PEMKAB JEMBRANA HATURKAN BAKTI PENGANYAR DI PURA LUHUR GIRI SALAKA ALAS PURWO

Jembrana,Balikini.Net - Bertepatan  hari raya Pagerwesi, Rabu (15/5), Pmkab Jembrana melaksanakan bhakti pengayar di Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo Kabupaten Banyuwangi. Dalam rombongan dipimpin langsung Bupati Jembrana I Putu Artha juga didampingi istri Ny Ari Sugianti Artha serta pimpinan OPD di lingkup Pemkab Jembrana, Artha beserta rombongan disambut oleh Mangku Adi Wasito, selaku penglingsir Pura Luhur alas Purwo.

Mangku Adi Wasito  selaku penglingsir di pura alas Purwo mengatakan upacara yang dilakukan ini berupa pedudusan madya yang digelar tiap enam bulan sekali. Rangkaian karya diawali dengan pecaruan dan matur piuning, mesuci ida bhatara di pantai trianggul asih. “rangkaian karya “nyejer selama tiga hari. Tidak hanya umat hindu yang ada diBanyuwangi , namun juga dari luar Bali dan kabupaten Jatim lainnya. Kami juga mengundang kabupaten/kota seluruh Bali dalam pelaksanaan bhakti penganyar ini, “ Mangku Adi Wasito.

Upacara bakti penganyar Pemkab Jembrana ini langsung dipuput oleh Mangku Marji. Seluruh prosesi bakti penganyar hingga selesai berjalan dengan lancar. Selain pelaksanaan karya, Mangku Adi Wasito juga menjelaskan berbagai tahapan pembangunan kawasan pura. Yang terakhir sudah dipelaspas seperti candi bentar sebagai pintu masuk madya pura. Harapannya kedepan secara bertahap juga nantinya akan diselesaikan lagi untuk melengkapi fasilitas pura seperti bale kulkul serta dapur suci.

Bupati Artha mengatakan didalam pelaksanaan bakti penganyar ini rutin dilaksanakan , selain untuk melaksanakan persembahyangan agar senantiasa selalu diberikan tuntunan, keteduhan, ketentraman kepada umatnya. Artha juga menambahkan , pelaksanaan bhakti penganyar dengan mengajak segenap kepala OPD untuk mendoakan agar Jembrana selalu diberikan keselamatan, kedamaian serta dijauhkan dari musibah. Selesai persembahyangan, Bupati Artha juga menghaturkan punia upakara atas nama pemerintah kabupaten Jembrana. yang diterima langsung oleh panitia setempat.(adi/r4)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved