SMP N 1 Tabanan dan SD Islam Tabanan Dinilai Tim PKTP Provinsi Bali - Bali Kini

Bali Kini

Bali Kini, Portal Berita Bali

Breaking News

Jumat, 27 September 2019

SMP N 1 Tabanan dan SD Islam Tabanan Dinilai Tim PKTP Provinsi Bali

Tabanan ,BaliKini.Net – SMP N 1 Tabanan dan SD Islam Tabanan mengikuti Lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) tingkat Provinsi Bali 2019. Kedua Sekolah ini dinilai oleh Tim Penilai PKTP Provinsi Bali, pada Jumat (27/9) pagi di SMP N 1 Tabanan.

Pada kesempatan tersebut, kedatangan Tim Penilai PKTP Provinsi Bali yang dipimpin Wakil Ketua II YKI Cabang Bali, Tjokorda Gde Dharmayuda disambut Bupati Tabanan yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli bidang Pembangunan, I Ketut Subrata, Wakil Ketua YKI Tabanan, Luh Gede Sukardiasih, Ny. Santi Susila, Camat Tabanan dan Kepala Sekolah SMP N 1 Tabanan serta Kepala Sekola SD Islam Tabanan.

Mengawali sambutannya, Bupati Tabanan yang dalam hal ini diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan I Ketut Subrata mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh YKI dimana hal ini dilakukan untuk membantu Pemerintah Kabupaten Tabanan dalam penanggulangan Kanker melalui deteksi dini, penyuluhan, paduan suara/koor, kesenian tentang kanker yang menyasar siswa-siswi SD, SMP dan kader-kader PKK Desa di Kabupaten Tabanan.

“Mewujudkan Tabanan Serasi bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Tabanan, YKI Cabang Tabanan beserta seluruh jajarannya agar terus berbuat dengan mengupayakan masyarakat peduli kanker. Saya percaya bahwa YKI Cabang Tabanan akan mampu mewujudkan masyarakat Tabanan yang sehat dan Pemerintah Daerah akan mendukung sesuai kemampuan dan fasilitas yang ada,” imbuhnya.

Ketua YKI Cabang Bali yang dalam sambutannya yang dibacakan oleh Tjokorda Gde Dharmayuda mengatakan bahwa lomba ini sangat penting dilakukan setiap tahunnya dalam rangka berkesinambungannya penanggulangan penyakit kanker di Bali. “YKI sebagai mitra Pemerintah dalam penanggulangan penyakit kanker akan terus berkomitmen melaksanakan program PKTP sebagai program unggulan dalam upaya menekan kejadian penyakit kanker,” ungkapnya.

Pihaknya menambahkan dari berbagai laporan menyatakan bahwa angka kejadian penyakit kanker terus meningkat setiap tahun yang diakibatkan oleh berbagai hal terutama adalah pola hidup masyarakat masa kini. Selain itu faktor lingkungan dijelaskannya sangat dominan sebagai faktor penyebab penyakit kanker, dan hal ini bisa dicegah melalui deteksi dini yang salah satunya dengan cara memperhatikan kesehatan dan sadar akan pentingnya kesehatan bagi masyarakat.

“Oleh karena berbagai hal tersebut, maka upaya Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) program Sekolah ini menjadi program unggulan dari YKI di daerah Bali. Diharapkan melalui anak-anak Sekolah dapat menjadi agen perubahan di lingkungannya, terutama di keluarga,” jelas pihaknya.

Ketua YKI Cabang Tabanan yang saat itu diwakili Luh Gede Sukardiasih menambahkan bahwa tujuan dari PKTP program Sekolah di Tabanan ini adalah untuk menanamkan pemahaman tentang pola hidup sehat dan menyebar luaskan pada lingkungan Sekolah untuk menimbulkan kesadaran melakukan deteksi dini dan berprilaku hidup sehat menghindari kanker sedini mungkin sehingga sangat sesuai dengan visi misi YKI Cabang Bali dan Pemerintah Kabupaten Tabanan.
Pihaknya juga menjelaskan berbagai kegiatan dilakukan serangkaian Lomba PKTP 2019 ini, diantaranya, pelayanan IVA Gratis, Penyuluhan dan Sosialisasi serta deteksi dini di sepuluh kecamatan di Tabanan yang telah dilaksanakan mulai tanggal 3 sampai dengan 25 September 2019, dan mengadakan pembinaan PKTP tingkat Kabupaten ke sepuluh SD dan SMP duta masing-masing Kecamatan di Tabanan yang dilaksanakan mulai tanggal 7 sampai dengan 18 September 2019, jelas pihaknya. *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net