-->

Rabu, 12 Februari 2020

PERTAMA KALINYA GELAR LOMBA PIDATO ANTAR BENDESA SE-JEMBRANA

PERTAMA KALINYA GELAR LOMBA PIDATO ANTAR BENDESA SE-JEMBRANA

Jembrana.BaliKini.Net - Pertamakalinya serangkaian Bulan Bahasa Bali, Pemkab Jembrana menggelar Lomba Pidarta Bahasa Bali ( pidato) , rabu ( 12/2). Yang menarik, lomba diikuti perwakilan bendesa masing-masing kecamatan sebagai peserta. Tercatat 5 peserta turut serta dengan beragam gaya dan materi pidarta.

Panitia lomba , Gede Sudarsana sekaligus  Kepala Seksi Lembaga Adat dan Tradisi , mengatakan  lomba pidarta Bahasa Bali ini disebutnya unik, karena merupakan yang pertama kali . Peserta lomba adalah Bendesa Adat se-Kabupaten Jembrana. Namun khusus tahun ini, dipilih perwakilan bendesa  masing-masing kecamatan.

Dalam lomba mapidarta bahasa Bali jumlah peserta sebanyak 5 Bendesa Adat yang mewakili setiap kecamatan yang ada di Jembrana.

Sudarsana   menjelaskan tema yang diangkat dalam naskah pidarta yaitu “Nyujur Jiwa Paripurna Melarapan Antuk Bulan Bahasa Bali”  . Tema itu menyiratkan arti mencapai jiwa yang sempurna dengan melaksanakan Bulan Bahasa Bali. Secara filosofis diharapkan mampu  memberikan pencerahan terhadap jiwa.

“  Karena dalam bahasa, aksara dan sastra Bali itu terkandung nilai-nilai filosofi, petuah-petuah dan taksu yang merupakan anugrah dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa melalui manifestasinya Sang Hyang Aji Saraswati, “terang Sudarsana.

Sedangkan ketentuan naksah pidarta disusun sendiri oleh peserta dan dalam pelaksanaan lomba masing-masing peserta diberikan waktu 15 menit dalam mapidarta (berpidato).

Terdapat beberapa item penilaian yang harus  dipenuhi peserta diantaranya, segi penampilan peserta, pengolahan tema, penguasaan terhadap materi, serta amanat ( pesan )  yang diangkat dalam naskah pidarta (pidato) itu.

Dari perlombaan pidarta bahasa Bali tersebut diperoleh juara 1, I Komang Suarditha Desa Adat Melaya, juara 2, Ngurah gede Aryana Desa Adat Mendoyo, dan yang menjadi juara 3, I Ketut Tirta Desa Adat tegal Badeng Kauh, dengan hadiah juara I mempereroleh 1.000.000, juara II 750.000, dan juara III sebanyak 500.000. Nantinya yang memperoleh juara I akan dikirim untuk mengikuti lomba pidarta Bahasa Bali tingkat Provinsi.

Selain lomba pidato , rangkaian Bulan Bahasa Bali di Jembrana yang dibuka  Sekda Jembrana I Made Sudiada, juga digelar  perlombaan Bali Grafi, Debat Bahasa Bali, Mengetik Aksara Bali di komputer, Ngwacen Aksara Bali, Nyatua Bali oleh  krama istri ,  Nyurat Aksara Bali . pamungkasnya, akan dilaksanakan pagelaran Drama Gong di Stage Pura Jagat Natha tanggal 14 Pebruari mendatang. ( ariana /r5 )

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved