-->

Senin, 14 September 2020

Ny Putri Koster Panen "Kesuna" di Desa Babahan Tabanan

 Ny Putri Koster Panen "Kesuna" di Desa Babahan Tabanan

Tabanan,BaliKini.Net - Tabanan harus bangga dinobatkan sebagai lumbung padi Bali, karena dari Tabanan perut masyarakat Bali tercukupi. Untuk itu, hendaknya kembali ke jati diri petani yang sesungguhnya.


Demikian disampaikan Ny.Putri Koster saat acara panen bareng bawang putih atau Kesuna di desa Babahan, Tabanan, Senin (14/9). "Yuk kita pertahankan predikat Tabanan sebagai lumbung padinya Provinsi Bali," tegasnya.


Wanita yang akrab disapa Bunda Putri ini juga mengajak para pemimpin di Desa Babahan, baik bendesa maupun kelian subak untuk ikut memperhatikan kesejahteraan para petani. Ia mencontohkan, misalnya membuat koperasi petani, sehingga keperluan para petani bisa diakomodir di sana. 


Selain itu, kehadiran koperasi petani di Desa Babahan juga diharapkan bisa menjaga kestabilan harga komoditi, serta memangkas jalur distribusi yang biasanya memberatkan para petani. "Misalnya, selama ini banyak tengkulak yang menawar harga komoditi dengan sangat murah, di sini tentu saja petani akan rugi, maka dari itu, diharapkan kehadiran koperasi bisa meringankan masalah tersebut," katanya.


Untuk mencapai hal tersebut, dia pun meminta bendesa maupun kelian subak untuk mulai aktif mencari informasi tentang permodalan. "Seharusnya permodalan bukanlah masaah yang sulit. Kita punya BPD, banknya rakyat Bali. Jika secara aktif mencari permodalan, pasti akan dibantu," tegasnya.


Pada kesempatan ini, Bunda berharap kelak kebutuhan pokok masyarakat Bali bisa disalurkan dari Tabanan. "Kita bisa mandiri secara pangan, sehingga ini sesuai dengan visi misi bqpak Gubernur kita, Nangun Sat Kerthi Loka Bali," katanya.


Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan Ny Rai Wahyuni Sanjaya mengatakan tujuan dari acara panen bawang ini selain mendekatkan diri dengan para petani, juga sekaligus untuk memberikan support kepada para petani. 


"Bagaimanapun pula, di tengah pandemi ini, petani telah menjadi salah satu tumpuan masyarakat Bali, di saat ekonomi terpuruk karena anjloknya pariwisata," ungkapnya.


Perbekel Desa Babahan I Made Suka Pariana melaporkan bahwa Desa Babahan adalah salah satu penyumbang bawang putih dengan kuliatas terbaik di Bali. Pertanian bawang putih di desanya menggunakan pertanian organik, yang ramah terhadap lingkungan. 


Di musim pandemi ini, ia mengaku semakin banyak warganya yang kembali melirik pertanian, sehingga diharapkan ke depan, sektor pertanian di desanya bisa digarap dengan serius. Selain bawang putih, Desa Babahan juga dikenal sebagai penghasil beras merah terbaik di Bali. (Ar/R5)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved