-->

Kamis, 01 Juli 2021

Cegah Stunting TP. PKK Kota Denpasar Sosialisasikan Hatinya PKK

Cegah Stunting TP. PKK Kota Denpasar Sosialisasikan Hatinya PKK



Bali Kini ,Denpasar -
Tim Penggerak (TP) PKK Kota Denpasar menggelar sosialisasi Hatinya PKK kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, Desa, Lurah  se Kota Denpsar,  Pokja III PKK Desa Lurah se Kota Denpasar dan rumah contoh lokus Hatinya PKK di Gedung Wanita Santi Graha Denapasar Kamis (1/7). 


Acara ini dibuka secara resmi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara di dampingi Istri Wakil Walikota  Kota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan Kadis DPMD Kota Denpasar IB Alit Wiradana. 


 Dalam acara tersebut juga diserahkan 200 paket bibit tanaman toga dan hortikultura kepada 200 rumah tangga yang ada di empat kecamatan di Kota Denpasar. "Hal itu untuk memenuhui kebutuhan pangan  di Kota Denpasar agar tidak terjadi stunting," kata Ketua Tim Penggerak Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara.


Lebih lanjut Sagung Antari mengatakan,   sosialisasi dan penyerahan bibit tanaman toga dan 

hortikultura ini juga sebagai  tindak lanjut dari program Ketua TP PKK Provinsi Bali. Dimana tujuan dari kegiatan ini adalah untuk ketahanan pangan keluarga dimana nantinya dapat mencegah terjadinya stunting. "Untuk itu kegiatan ini harus disosialisasikan kepada  Ketua TP  PKK Kecamatan, Desa, Lurah  se Kota Denpsar,  Pokja III PKK Desa Lurah se Kota Denpasar dan rumah contoh lokus, sehingga mereka langsung dapat  mensosialisasikan kepada masyarakat yang ada diwilayahnya," ungkap Sagung Antari.

Dengan diberikan bibit  tanaman toga, Sagung Antari mengharapkan agar bibit tersebut ditanam dan dipelihara. Jika nanti tanaman yang hanya semusim seperti cabai agar di bibit ulang lagi. Karena dalam sosialisasi ini narasumber dari TP PKK Kota Denpasar akan memberikan cara-cara membibit kembali dan menyiapkan medianya. Sehingga kegiatan akan berputar untuk  ketahanan pangan  dalam upaya mencegah stunting.

Lebih lanjut Sagung Antari mengatakan, kegiatan ini juga ada penyerahan bibit bunga jemping. Karena Ketua TP PKK Provinsi mengharapkan bunga jempiring putih harus dibangkitkan kembali sebagai maskot Kota Denpasar.   

Narasumber I Nyoman Baskara mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan pangan kader  PKK dapat memanfaatkan lahan pekarangan yang sempit dengan  budidaya hortikultural. Dimana hortikultural merupakan bagian penting  dari    Urban Farming  dalam arti luas menggambarkan seluruh sistem produksi pangan yang terjadi di wilayah perkotaan. 

Lebih lanjut dikatakan, budidaya tanaman kebun di perkotaan dengan lahan sempit namun dapat memaksimalkan ruang dan memenuhi kebutuhan hdup. "Urban farming itu penting karena sistem penanamannya vertikultural, hidroponik, akuaponik dan tamanan buah apda pot," ungkapnya.


Manfaat urban farming menurutnya, adalah optimalisasi lahan sempit. Bagian dari  penyelamatan lingkungan, mudah dikontrol (waktu, perawatan, dan lain sebagainya dan memperindah halaman/lingkungan. Selain itu juga bermanfaat untuk menghasilkan sumber pangan Menghasilkan sumber pendapatan. Menjaga koneksi diri dengan alam (psikologis)


Nara sumber   Ni Made Suastini menambahkan, Gerakan PKK  merupakan gerakan dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat, menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat, sejahtera, maju dan mandiri,   kesetaraan dan keadilan gender, serta kesadaran hukum  dan lingkungan.  "Kegiatan ini juga dalam rangka mendukung dan mewujudkan Visi Pemerintah Provinsi  Bali yaitu : Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru", katanya. (Ayu)


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved