-->

Kamis, 29 Juli 2021

Pemkot Denpasar Aktifikan Kembali Dapur Umum Gotong-Royong Sehari Siapkan 1.000 Nasi Bungkus Gratis

Pemkot Denpasar  Aktifikan Kembali Dapur Umum Gotong-Royong  Sehari Siapkan 1.000 Nasi Bungkus Gratis


Denpasar, Bali Kini -
Pemkot Denpasar merancang pengaktifan kembali Dapur Umum Gotong Royong. Hal ini dilaksanakan guna membantu dalam kesiapsiagaan ketahanan pangan masa pandemi covid-19 di Kota Denpasar. Dimana, dalam pelaksanaanya dilakukan secara sukarela, tolong menolong, saling peduli dan memiliki rasa persaudaraan yang kuat yang merupakan landasan kuat dari “Vasudaiva Khutumbakam” atau Menyama Braya.


Kabag Kerjasama Setda Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswati dalam rapat teknis Dapur Umum Gotong Royong Kota Denpasar di Kantor Walikota Denpasar, Kamis (29/7) mengatakan, kebencanaan dalam bentuk wabah yang mendera dunia terjadi akibat Pandemic Covid-19 sejak tahun 2020 dan sampai sekarang belum usai.Dimana, segala sektor kehidupan masyarakat mengalami keterpurukan.  


“Penyelenggaraan dapur umum “Gotong Royong Kota Denpasar” berlokasi di Jaba Paon Kaliasem Denpasar  dibentuk adalah untuk membantu dalam kesiapsiagaan ketahanan pangan di masa pandemic covid-19,dan dalam waktu dekat akan dilaunching secara simbolis,” jelasnya


Laxmy menjelaskan, ketersediaan pangan yang dibentuk melalui dapur umum ini tentu saja dalam jumlah yang cukup dengan kualitas yang baik dan hygine, bebas dari bahan-bahan yang merugikan dan dapat diterima seluruh kalangan.


“Sehari kami rancang pembagian dua kali, yakni pagi pukul 11.00 Wita dan sore hari pukul 16.00 Wita dengan jumlah nasi rata-rata per hari 1.000 bungkus,” ujarnya


Pihaknya menekankan, sasarannya dari program ini merupakan masyarakat yang sangat membutuhkan, utamanya bagi mereka yang sama sekali belum mendapatkan bantuan dari sumber dana manapun.


Dalam sasaran ini diupayakan data dari masing-masing wilayah kecamatan serta masukan dari kelompok masyarakat atau pihak lainnya yang mengetahui keberadaan masyarakat yang perlu dibantu, sehingga  dapat diketahui masyarakat yang perlu didistribusikan,” kata Laxmy


Laxmy menambahkan, dengan program dapur umum gotong royong Kota Denpasar ini memberikan ruang bagi masyarakat, kelompok masyarakat, perseorangan, organisasi, perusahaan swasta, perbankan, dan BUMN atau BUMD untuk berkontribusi lewat donasi sebagai penerapan pola gotong royong.


“Masyarakat yang membutuhkan bantuan pangan ini dapat menginformasikan satu atau dua hari sebelumnya, baik itu secara langsung melalui dapur umum Denpasar Gotong Royong, melalui Tagana Dinas Sosial Kota denpasar dan melalui Bagian Kerja Sama Setda Kota Denpasar, mari kita Hadapi Pandemi Dengan Hati,” pungkasnya. (rls).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved