-->

Selasa, 05 April 2022

Andalkan Shopee dan Tiktok Shop, KWT Tabanan Semangat Latihan Pemasaran

 Andalkan Shopee dan Tiktok Shop, KWT Tabanan Semangat Latihan Pemasaran


Tabanan, Bali Kini -
Di jaman 4.1 masyarakat semakin mudah memanfaatkan teknologi untuk menghasilkan rupiah. Untuk itu Ibu-ibu KWT Tabanan memanfaatkan teknologi untuk memasarkan hasil olahan taninya. Dimana nantinya diharapkan dapat memperbaiki Perekonomian Bali yang sempat menurun akibat pandemi. 

E-commerce yang sedang trend belakangan ini ialah Shopee dan Tiktok Shop, maka Ibu-ibu KWT Tabanan yang tergabung dengan kelompok Lumbung Rasa ini tak segan berlatih promosi pemasaran secara online melalui latihan yang di adakan oleh Diskepa Tabanan. 

Latihan ini di adakan oleh Dinas Ketahanan Pangan menggandeng ABDSI (Asosiasi Busines Development Service) pada Minggu (3/3/2022) bertempat di Pondok Indi Pelatihan dengan dipandu oleh Bramantyo dan  Adek Wahyuni (ABDSI) juga GWS Sukaja dari Deperindag Tabanan. 


Peserta yakni Ibu-ibu KWT Tabanan dari kelompok Lumbung Rasa mendapatkan program P2L (Pekarangan Pangan Lestari) merasa bersyukur mendapatkan pembinaan dari DISTAN dan DISKEPA Tabanan. Pembinaan yang dimaksud mulai dari budidaya tanaman pertanian sampai pengolahan hasil serta pemasarannya.

"Pembinaan dalam hal pemasaran hasil produk yang fresh dan olahan pangan. Di zaman serba digital sekarang ini sangatlah menjadi perhatian serius dari DISKEPA Tabanan. Pemasaran yang kuat akan sangat membantu petani khususnya Ibu-ibu KWT untuk lebih bersemangat berkarya di sektor pertanian karena apa yang dihasilkan tidak akan sia-sia, pasti laku dan diminati pasar, " Kata I GW Sukaja  selaku ketua ABDSI Korda Tabanan. 

Sementara menurut salah satu  peserta pelatihan I GAA  Dewi Rambiani banyak manfaat yg diperoleh dari pelatihan ini karena ibu-ibu  dapat memasarkan jenis produk yg dimiliki dengan jangkauan luas dan efektif waktu. ,, pelatian ini sangat diperlukan terus kedepanya guna menjangkau pasar yang lebih luas apalagai Bali sebagai daerah tujuan pariwisata Dunia dan Nusantara ,, uajranya .

Sementara Sekdis Pertanian, Made Arya diawal pelatihan berharap agar Ibu-ibu tetap semangat kerja. "Kerja yang tulus ikhlas dalam menciptakan olah pangan lokal untuk membantu meningkatkan  pendapatan keluarga dan banggalah menjadi orang Tabanan yang mampu mengangkat olahan pangan lokal melalui media online," Katanya.[ir/r5]


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved