-->

Selasa, 21 Juni 2022

Awali Rangkaian Hari Jadi Kota Amlapura ke-382, Pemkab Karangasem Gelar Penanaman Pohon dan Sebar Benih Ikan

  Awali Rangkaian Hari Jadi Kota Amlapura ke-382, Pemkab Karangasem Gelar Penanaman Pohon dan Sebar Benih Ikan


BALIKINI.NET | KARANGASEM — Pemkab Karangasem menggelar Penanaman Pohon Penghijauan dan Penyebaran benih ikan. Kegiatan yang juga merupakan rangkaian  Bulan Bung Karno, dimana hari ini bertepaan dengan hari wafatnya sang Proklamator Kemerdekaan sekaligus Presiden RI pertama, Soekarno. Selain itu juga dirangkaikan dengan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia bertempat di Sumber Mata air Yehaa, Desa Ababi, Kec. Abang, Selasa (21/6/22).

Kegiatan yang dipimpin Bupati Gede Dana bersama Wabup Artha Dipa serta  Ketua DPRD Karangasem I Wayan Swastika dan diikut oleh Forkopimda Kab. Karangasem, Jajaran Pemkab Karangasem, Krama Desa Ababi dan Krama Subak Empelan gel-gel ini, juga sebagai kegiatan mengawali rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Amlapura ke-382 pada 22 Juni 2022.

“Besok adalah puncak perayaan HUT Kota Amlapura, kegiatan ini juga kami rangkaikan sebagai awal menyambut itu (HUT Kota Amlapura k 382*red),” ujar Bupati Dana. 

Dalam kesempatan yang baik tersebut Bupati Gede Dana menyampaikan bahwa melalui gerakan penanaman pohon penghijauan yang sekarang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan tutupan lahan, resapan air tanah dan menambah keaneka ragaman hayati. Hal ini sesuai dengan Tema HUT Kota Amlapura, Udhaka Anjali Kerthi, Memuliakan Air Untuk Kesejahteraan Manus. Sesuai dengan Tema HUT Kota Amlapura, Udhaka Anjali Kerthi, Memuliakan Air Untuk Kesejahteraan Manusia "Jangan hanya menjadi kegiatan serimonial saja. Akan tetapi betul-betul dilaksanakan dengan baik dan tanaman yang ditanam harus dipelihara," tegas Bupati Gede Dana.

Lebih lanjut Bupati Gede Dana menuturkan kegiatan ini  juga sejalan dengan Visi dan Misi Kabupaten Karangasem dalam upaya melestarikan lingkungan melalui pola Pembangunan Semesta Berencana untuk mewujudkan Karangasem Era Baru yang Pradnyan, Kertha, Santhi dan Nadi ( Prakerthi Nadi) di Kabupaten Karangasem. "Yaitu dengan membangun pertanian yang mandiri dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani serta nelayan untuk seluruh masyarakat Karangasem," ujar Bupati Gede Dana. 

Pada akhir sambutan Bupati Gede Dana meminta partisipasi dari seluruh steakholder khususnya kepada krama Subak Empelan Gelgel yang ada di Ababi, untuk menjaga dan melestarikan tempat ini sebagai sumber kehidupan. "Mari kita jaga, sucikan dan muliakan sumber Mata Air,  Karena tanpa air kita tidak bisa hidup dan tanaman tidak akan bisa tumbuh subur," pinta Bupati Gede Dana.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Nyoman Tari menyampaikan bahwa kegiatan penanaman Pohon penghijauan ini Pemkab Karangasem menanam tanaman sarana Upakara yaitu 10 bibit pohon Kelapa Gading, 15 bibit tanaman Sandat, dan 15 bibit tanaman cempaka dan lain-lain.

Usai penanaman pohon, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan persembahyangan bersama di Pura Ayu Lempuyang yang dipuput oleh Jero Mangku Nyoman Pasek, kegiatan persembahyagan dalam rangka memohon keselematan dan kelancaran untuk menyambut dan memperingati Hari Jadi Kota Amlapura yang Ke 382. (Rls/ami) 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved