-->

Senin, 18 Juli 2022

Desa Nongan, Tenganan Dan Padangkerta ditetapkan Jadi "Desa Bersinar"

  Desa Nongan, Tenganan Dan Padangkerta ditetapkan Jadi "Desa Bersinar"


Karangasem, Bali Kini -  3 Desa di Kabupaten Karangasem ditetapkan sebagai "Desa Bersinar" (Desa Bersih dari Narkoba) tahun 2022. Wakil Bupati Karangasem menyerahkan langsung SK Penetapan kepada masing-masing tiga Camat Di Desa tersebut, dalam acara Workshop P4GN yang diadakan BNNK Kabupaten Karangasem pada Senin (18/7/2022) di Villa Taman Surgawi. 

Tiga Desa yang dimaksud ialah Desa Nongan, Kecamatan Rendang ,Desa Tenganan Kecamatan Manggis, Dan Kelurahan Padangkerta Kecamatan Karangasem. 

Ketiga Desa ini ditetapkan sebagai Desa Bersinar setelah berhasil membersihkan warga-nya dari penyalahgunaan narkoba. "Dulunya ada kasus di tiga desa ini terkait penyalahgunaan narkoba, namun masing-masing desa ini berhasil menumpas penyalahgunaan narkoba itu. Kemudian di desa itu membentuk kepengurusan kelompok kerja desa Bersih narkoba. Dimana BNNK nantinya bertugas mendampingi desa-desa ini, dan di desa ini pula para korban penyalahgunaan narkoba yang sudah sembuh diberdayakan dengan mengajari keterampilan agar dapat berbaur kembali ke masyarakat, " Ujar Kepala BNNK Kabupaten Karangasem, Tri Kuncoro. 

Sementara, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa berharap agar tidak ada lagi penyalahgunaan narkoba di tiga desa tersebut. "Mudah-mudahan tidak ada warga yang kena lagi, dan menjadi pembelajaran bagi desa lainnya. Dan saya harap desa lain dapat mencontoh ketiga desa ini dalam menumpas kasus narkoba, " Sebut Artha Dipa. 

Karena Penyalahgunaan narkoba ini sangat berbahaya, Artha Dipa juga mengimbau agar pelaksanaan Desa Bersinar dapat terlaksana di desa-desa lainnya. Pihaknya mengajak para aparat desa seperti Camat, Perbekel, maupun ASN yang ada di Desa dapat bekerjasama memberantas narkoba. "Barangkali desa adat punya perarem yang jelas untuk memberantas narkoba, jika kita kompak dan semangat pasti bisa!" Seru Artha Dipa saat membuka acara P4GN yang dihadiri oleh perbekel maupun camat di 3 Desa tersebut. ( Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved