-->

Selasa, 29 November 2022

Bapak Ini Terpaksa Curi Uang Untuk Obati Luka Bakar Anaknya

 Bapak Ini Terpaksa Curi Uang Untuk Obati Luka Bakar Anaknya


BALIKINI.NET | BADUNG — Setelah baru sembuh dari derita patah tulang saat bekerja menjadi buruh bangunan. Derita kembali menerpa keluarga Kadek Joni Astawa, dimana putrinya mengalami luka bakar cukup parah.

Karena tidak memiliki biaya untuk pengobatan, Joni yang saat itu putus asa mengendarai sepeda motor milik mertuanya tanpa sadar melakukan tindak pidana pencurian disebuah warung. 

Sialnya aksinya yang mengambil uang di warung tersebut justru kepergok. Joni yang saat itu menggenggam uang sebanyak Rp.300 ribu dengan tangan gemetaran sepontan menjatuhkan uang tersebut ke lantai.

Saat itu juga dirinya langsung memohon ampun dan minta maaf dengan menceritakan situasi yang terjadi di keluarganya. Namun kasusnya tetap saja dilaporkan pemilik warung ke Polisi hingga bergulir di Kejaksaan Negeri Badung.

Dari hasil penyidik JPU, ditemukan kebenaran alasan dari tersangka bahwa memang benar melakukan pencurian sebagaimana disangkakan dalam Pasal 362 KUHP.
 
"Tersangka baru pertama kali melakukan perbuatan tersebut dan baru pertama kali berhadapan dengan hukum. Bahwa tersangka tidak memiliki biaya pengobatan untuk anaknya yang mengalami luka bakar. Sedangkan tersangka belum bisa bekerja karena baru pulih dari cidera patah tulang dalam kecelakaan kerja," terang Kasi Intel Kejari Badung, Made Gde Bamaxs Wira Wibowo, S.H., M.H. Selasa (29/11).

Dari pemeriksaan ini, Kajari Badung Imran Yusuf, SH memerintahkan untuk melakukan tindakan pendekatan "Restorative Justice" kepada pihak pelapor atau saksi korban. 

Dari mediasi ini akhirnya, kasus penuntutan terhadap tersangka Joni dihentikan. Dasar dilakukan Penghentian Penuntutan melalui pendekatan Restorative Justice dikarenakan korban telah memaafkan perbuatan tersangka dan meminta agar kasus ini dihentikan dan tersangka dapat mencari nafkah untuk membiayai keluarganya.

"Setidaknya dengan dihentikannya penuntutan, tersangka bisa melakukan kegiatan kembali dan berharap bisa mendapatkan biaya pengobatan anaknya," kata Bamax.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved