-->

Senin, 28 November 2022

Bupati Sedana Arta Terima Penghargaan Dari Pemerintah RI Atas Opini WTP LKPD Tahun 2021 Pemkab Bangli

   Bupati Sedana Arta Terima Penghargaan Dari Pemerintah RI Atas Opini WTP LKPD Tahun 2021 Pemkab Bangli


BALIKINI.NET | BANGLI — Bupati Bangli  Sang  Nyoman Sedana Arta merima Penghargaan dari  Pemerintah Republik Indonesia Atas Opini WTP LKPD Tahun 2021 Pemkab Bangli. Piagam diserahkan oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali Teguh Dwi Nugroho bertempat di Pendopo rumah jabatan Bupati Bangli, pada Senin (28/11/22).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bidang PAPK, Anggun Prihatmono, Kepala KPPN Amlapura, Bagus Eddy, Kepala BKPAD Kabupaten Bangli, I Dewa Bagus Riana Putra, Inspektur Bangli Jero Penyarikan Widarta, serta Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Bangli, Kadek Budiartawan.

Kementerian Keuangan memberikan apresiasi atas terjaganya kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2021. Apresiasi diberikan dalam bentuk plakat dan penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia. Plakat diserahkan kepada pemda yang meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama 10 tahun berturut-turut. Penghargaan diberikan untuk peraih opini WTP 5 tahun berturut-turut. Terdapat satu pemerintah daerah (pemda) di Bali berhasil meraih opini WTP sepuluh tahun berturut-turut, dan pemda lainnya meraih opini WTP antara enam hingga delapan tahun berturut-turut. Terjaganya kualitas laporan pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebagai bukti komitmen para Kepala Daerah dan seluruh pengelola keuangan daerah, dalam menjalankan tata kelola keuangan yang baik. Hal ini berlangsung dalam kondisi tekanan Pandemi Covid-19 di sepanjang tahun 2021. 

Pemerintah Kabupaten Bangli telah mendapat opini WTP enam tahun berturut turut sejak 2016 hingga tahun 2021. Prestasi ini menunjukkan bahwa pemerintah daerah memiliki komitmen untuk terus memperbaiki tata kelola dan kualitas pengelolaan keuangan daerah yang menjadi tanggungjawabnya. Hal ini menunjukkan adanya proses akuntabilitas transaksi keuangan kepada masyarakat, sehingga bisa memunculkan kepercayaan kepada institusi publik terutama Pemerintah Daerah. 

Perkembangan pelaksanaan APBN tahun 2022 di Kabupaten Bangli per 31 Oktober 2022 untuk Realisasi belanja negara atas Belanja Pemerintah Pusat mencapai Rp. 121,86 Miliar merupakan 80,32% dari pagu 151,71 Miliar. Realisasi Dana Transfer ke Daerah Kabupaten Bangli sebesar 731,64 milyar (88,14%) dari total pagu sebesar 830,07 milyar. Dana transfer meliputi Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak, DBH Sumber Daya Alam, Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, DAK Non Fisik, Dana Insentif Daerah (DID) dan Dana Desa. Capaian Dana Transfer ke Daerah ada yang sampai dengan 23 November 2022, yakni realisasi Penyaluran DAK Fisik Kabupaten Bangli sebesar 98,69 milyar (88,56%) dari total pagu sebesar 111,44 milyar. Penyaluran DAK Fisik dilaksanakan berdasarkan nilai kontrak kegiatan, sehingga realisasi penyaluran 98,69 milyar tercapai sebesar 93,19%. Realisasi DAK Non Fisik (Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan BOP Kesetaraan) Kabupaten Bangli sampai dengan 23 November 2022 sebesar 38,58 milyar (96,58%) dari total pagu sebesar 39,95 milyar. Penyaluran Dana Desa untuk Kabupaten Bangli sebesar 55,56 milyar merupakan 100% dari pagu. Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) se-Bali, berjalan dengan baik. Sampai dengan 31 Oktober 2022 kinerja penyaluran KUR sebesar Rp.8,1 Triliun dan 140.020 debitur. Penyaluran KUR masih didominasi oleh KUR skema Mikro yang mencapai Rp.4,72 Triliun. Di wilayah Pemda Bangli terdapat penyaluran senilai Rp.580,18 milyar untuk 11,726 debitur. 

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali Teguh Dwi Nugroho berikan apresiasi atas kerja keras dan koordinasi yang baik dari Pemda Bangli. Keberhasilan penyaluran perlu dibarengi dengan percepatan penyerapan, sehingga program pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan masyarakat dapat segera tercapai. Dengan hal ini masyarakat Bangli dapat segera menikmati manfaatnya. Seiring dengan pemulihan ekonomi dan kembali bergeraknya kegiatan pariwisata, diharapkan akan mempercepat peningkatan perekonomian Bali. 

Sementara itu Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dalam kesempatan tersebut mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Republik Indonesia atas penghargaan yang telah dinerikan kepada Pemerintah Kabupaten Bangli, tentunya capaian ini adalah hasil kerja keras dan semangat dari semua OPD terkait dilingkungan Pemkab Bangli.

Sedana Arta juga menyampaikan, saat ini Pemerintah Kabupaten telah melaksanakan berbagai lompatan, khususnya dalam bidang pembangunan seperti pembangunan alun-alun Bangli, Gedung RSUD Bangli, Gedung BMB, pembangunan kantor DPRD Bangli, serta beberapa pembangunan infrastruktur lainnya yang sudah tentunpembangunan tersebut adalah demi kepentingan masyarakat Bangli secara umum.

Pihaknya berharap, kepada Pemerintah Pusat agar selalu membina dan bersinergi serta membantu  keberhasilan  pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Bangli, demi terwujudnya Visi Pemerintah Kabupaten Bangli "Nangun Sat Kerti Loka Bali di Kabupaten Bangli", demi terwujudnya "Bangli Era Baru".




 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved