-->

Selasa, 24 Januari 2023

Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Trenggono Sarankan Kembangkan Kerang Abalon di Karangasem

Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Trenggono Sarankan Kembangkan Kerang Abalon di Karangasem


Karangasem, Bali Kini -
Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang luncurkan produk Unggul Udang Vaname kembali mengecek hasil tambak udang jenis Nusadewa tersebut pada Selasa (24/1/2023).


Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono datang ke Balai Produksi Induk Udang Unggulan dan Kekerangan yang berada di Desa Bugbug, Karangasem disambut oleh Wakil Bupati Kabupaten Karangasem, I Wayan Artha Dipa.


Dalam wawancaranya pada beberapa awak media, Wahyu Trenggono mengatakan jika kedatangannya ialah untuk mengecek dan memastikan bagaimana perkembangan serta penguasaan teknologi dari budidaya udang tersebut.


"Bagaimana kita bisa meningkatkan juga segera menguasai penguasaan teknologi dari budidaya udang ini. Jadi bukan hanya soal pembesarannya saja atau produksinya saja tapi juga bagaimana pakan, yang paling penting bagaimana membangun indukan yang baik dan seterusnya yang sampai pada akhirnya kita memiliki kemandirian," katanya.


Pihaknya juga mengaku terkesan dengan pengelolaan KKP yang dikepalai oleh Wendi Tri Prabowo atas tanggung jawabnya. "Ternyata di sini bukan hanya udang yang semakin baik developmentnya atau risetnya tapi juga ada abalon (jenis kerang) yang sudah bisa dikembangkan yang menurut saya ini adalah satu potensi ekonomi yang bisa dilakukan oleh masyarakat," katanya.


Selanjutnya pihaknya mengaku sudah berbicara pada Wakil Bupati Karangasem agar kemudian hal ini dibicarakan secara intens, terkait kerang abalon ini.  "Karena ini mudah untuk pengembangannya, abalon ini mudah dan nilai ekonominya tinggi sekali lalu permintaan pasarnya juga bukan hanya lokal tapi juga internasional cukup tinggi, nah ini harus bisa kita kembangkan dan kita lakukan ini pertumbuhan ekonomi real ya yang harus kita develop," Tutupnya. (Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved