-->

Jumat, 03 Februari 2023

Universitas Warmadewa Lepas 208 Lulusan Berkualitas Dalam Wisuda Ke-71

 Universitas Warmadewa  Lepas 208 Lulusan Berkualitas Dalam Wisuda Ke-71




Denpasar, Bali Kini 
-Warmadewa (Unwar) melepas sebanyak 208 lulusan pada Upacara Wisuda ke-71 Periode I Tahun 2023, Sabtu (4/2) . Jumlah lulusan ini terdiri dari Fakultas Hukum 47 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 113 orang, FISIP 16 orang, Fakultas Sastra 2 orang, Fakultas Pertanian 15 orang, Fakultas Teknik dan Perencanaan 5 orang, dan Pascasarjana 10 orang. Dengan demikian, hingga saat ini jumlah alumni Unwar sebanyak 39.010 orang, dengan jumlah mahasiswa aktif tahun akademik 2022/2023 sebanyak 12.713 orang dan 109 mahasiswa asing.


Upacara Wisuda ke-71 ini menjadi upacara wisuda terakhir yang dilepas oleh Rektor Unwar, Rektor Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK. Pasalnya, masa jabatan Prof. Widjana yang telah menjabat 2 periode sebagai Rektor Unwar akan berakhir bulan Pebruari 2023 ini.


Prof. Widjana, mengatakan dari hasil tracer studi terakhir yang dilakukan pada tahun 2022 untuk lulusan tahun 2020 ini didapatkan data bahwa lulusan yang mendapat pekerjaan 73,1%, masa tunggu lulusan 5,14 bulan, dan kesesuaian bidang kerja 80,70%. Diantara yang telah bekerja pada perusahan regional 71,4%, nasional 25,3%, dan internasional 3,3%. Untuk kinerja lulusan pada beberapa instansi 97,59% berkinerja katagori sangat baik dan baik.


Pencapain ini tidak terlepas dari bidang tata pamong, tata kelola, kerjasama dan penjaminan mutu yang telah dilakukan Unwar. Dimana, untuk meningkatkan kualitas tata pamong dan tata kelola setiap tahun dilakukan survey kepuasan layanan terhadap mahasiswa, tenaga kependidikan, dosen dan mitra kerjasama. Hasilnya, yakni kepuasan dosen 90,50%, tenaga kependikan 95,16%, mahasiswa 87,33%, mitra penelitian 100%, mitra pengabdian kepada masyarakat 99,26 %. Bidang kerjasama telah ada kerjasama operasional internasional sebanyak 41 kegiatan dan nasonal 31 kegiatan.


Sementara itu, luaran bidang kemahasiswaan mendapatkan prestasi akademik internasional 7, nonakademik 45 prestasi. Begitu juga prestasi akademik nasional 57 prestasi, dan non akademik 91 presatasi. Untuk meningkatkan prestasi kemahasiswaan ini telah difasilitasi dengan kelembagaan mahasiswa di tingkat rektorat ada 10 unitas, 28 unit organisasi kemahasiswaan dan 7 forum kegiatan.


Prof. Widjana, mengatakan dalam mendukung pelaksanaan Tri Dharma dan layanan pendidikan, Unwar didukung dengan jumlah dosen 445 orang dengan kualifikasi akademik Doktor 126 orang dan sisanya Magister. Dari segi jabatan akademik terdiri dari Guru Besar 15 orang, Lektor Kepala 121 orang, Lektor 126 orang, dan dosen baru dengan status tenaga pengajar 107 orang dan didukung oleh tenaga kependidikan 251 orang. 


Selain itu, kualitas pendidikan khususnya pelaksanaan pembelajaran terus ditingkatkan, termasuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Semua program studi telah menerapkan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) yang berbasis Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Tidak hanya itu, penguatan kelembagaan terus diupayakan terutama dalam akreditasi. Dimana, saat ini 6 Prodi telah terakreditasi Unggul dan A, 2 prodi terakreditasi Baik Sekali, 12 prodi terakresitasi B, dan 1 prodi baru sedang menyusun instrumen akreditasi. Penambahan prodi baru juga sedang proses pada tahun 2023 ini sebanyak 3 prodi Disamping itu, Unwar juga sedang mengusulkan akreditasi internasional untuk Prodi Sastra Inggris dan Linguistik ke lembaga AQAS (Agency for Quality Assurance by Acreditationof Study) yang berkedudukan di Jerman.


Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan, orangtua dan keluarga, sembari mengucap syukur atas keberhasilan yang diraih. Ia berpesan agar para alumni memiliki karakter sapta bayu, critical thinking, cerdas, inovatif, solutif, dan profesional. Dengan keunggulan yang dimiliki ini, diharapkan mampu mengembangkan potensi, memenangkan kompetisi guna meraih cita-cita. “Keberhasilan hari ini hanyalah tujuan antara tujuan sesungguhnya adalah menjadikan ilmu dan skil para wisudawan dapat berguna bagi banyak orang. Jadilah yang terbaik, terdepan, dan jadilah insan yang berguna,” pungkasnya. (*/rl)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved