-->

Sabtu, 03 Juni 2023

Harga Ayam Pedaging Boiler Naik, Ayam Afkiran Malah Terjungkal Di Pasar Karangasem

 Harga Ayam Pedaging Boiler Naik, Ayam Afkiran Malah Terjungkal Di Pasar Karangasem


Karangasem Bali Kini - Harga Ayam Afkiran di Kabupaten Karangasem menurun, berbanding terbalik dengan harga ayam jenis Boiler yang malah naik, hal tersebut berdasarkan data yang didapat di Pasar Karangsokong, Subagan, Sabtu (3/6/2023).

Padahal sebulan yang lalu, harga ayam Afkiran di Karangasem mencapai puncaknya yakni Rp.70.000/ ekornya. Namun harga tersebut perlahan kembali normal, hingga hari ini mencapai harga Rp.45.000/ekor.

Sementara, harga ayam boiler di pasaran merambat naik, yakni dari yang awalnya Rp. 27.000/kg menjadi Rp.31.000/kg, dimana dalam 1 ekor ayam boiler siap panen rata-rata memiliki berat 1,5kg yang artinya dalam 1 ekor ayam boiler dijual dengan harga Rp. 55.000/ekor. 

Meski begitu, penjualan ayam di pasar Karangsokong, Amlapura masih stabil. "Meski harga turun tapi tetap banyak yang beli, karena dipakai sembahyang. Kan sekarang hari raya Tumpek Landep dan Purnama," Kata salah satu pedagang Ayam di Pasar Karangsokong, Kadek Mery.

Para pedagang ayam di pasar Karangsokong, Subagan mengatakan jika pada hari raya seperti saat ini, penjualan ayam hidup masih banyak peminat. Dalam satu hari ini mereka rata-rata dapat menjual 100 ekor/ hari. "Jika hari biasa, paling dibawah 100 ekor terjual, kalau hari raya seperti sekarang, terjual lebih dari 100 ekor. Dan walaupun ayam boiler naik harganya, orang yang beli ayam pakai sembahyang tetap memilih ayam boiler. Kalau hari biasa baru ayam jenis Afkiran yang laku, untuk dikonsumsi, terutama penjual daging ayam," kata Nyoman Waca, salah satu penjual ayam hidup di Pasar Karangsokong Subagan. 

Nyoman Waca juga menduga jika kenaikan harga ayam boiler ini merupakan dampak dari menipisnya stok ayam jenis Boiler di kandang peternak. (Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved