-->

Rabu, 15 Mei 2024

KPU Karangasem Proses Verifikasi Administrasi Calon Perseorangan, Berikut Ketentuannya

KPU Karangasem Proses Verifikasi Administrasi Calon Perseorangan, Berikut Ketentuannya


Karangasem, Bali Kini
- Pertama kali dalam sejarah Pemilukada Kabupaten Karangasem, terdapat calon perseorangan yang mendaftar untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karangasem. 


KPU Karangasem saat ini tengah memproses verifikasi administrasi dari persyaratan dukungan KTP yang disetorkan oleh bakal calon Bupati dan wakil Bupati Karangasem yang mendaftar secara independen, yakni Paket Karisma (I Wayan Kari Subali dan I Ketut Putra Ismaya Putra). Dimana proses verifikasi administrasi ini telah dilaksanakan mulai tanggal 13 Mei hingga 29 Mei 2024.

Ketua KPU Kabupaten Karangasem, I Putu Darma Budiasa ditemui di ruangannya pada Kamis (16/5/2024) mengatakan jika pasangan Karisma telah berhasil mengumpulkan 49.219 KTP tersebar di 8 Kecamatan dan sudah di generated lewat aplikasi SILON. 


"Untuk persyaratan mendaftar bakal cabup dan cawabup itu, mereka harus menyetorkan minimal 33.053 KTP yang tersebar di minimal 5 kecamatan. Saat ini mereka telah menyetorkan lebih dari 49 ribu KTP yang tersebar di 8 kecamatan dan juga sudah di generated lewat silon. Proses selanjutnya syarat dukungan tersebut akan kami cek, kami laksanakan verifikasi secara administrasi apakah sudah sesuai data-data tersebut," Terangnya.


Usai verifikasi administrasi, mereka akan merekap berapa jumlah dukungan yang memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat. "Jika dukungan itu tetap memenuhi syarat sesuai ketentuan yakni minimal 33.053 maka kita nyatakan memenuhi syarat admnistrasi, selanjutnya kita akan lakukan verifikasi factual ke lapangan," Sambungnya. Namun, jika persyaratan administrasi dan faktual tersebut hasilnya kurang dari jumlah minimal ketentuan, maka calon pasangan lewat jalur independen ini harus menyetorkan lagi persyaratan dukungan dua kali lipat dari jumlah kekurangan. (Ami) 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved