VISITASI RSUD KLUNGKUNG MENJADI RS PENDIDIKAN OLEH KEMENTERIAN KESEHATAN - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Rabu, 08 Agustus 2018

VISITASI RSUD KLUNGKUNG MENJADI RS PENDIDIKAN OLEH KEMENTERIAN KESEHATAN

Klungkung,Balikini.Net - Dalam upaya menjadikan RSUD Klungkung sebagai Rumah Sakit Pendidikan yang baik, legal dan bermutu, RSUD Kabupaten Klungkung Rabu,(8/8) menjalani visitasi dalam rangka penetapan RSUD sebagai Rumah Sakit Pendidikan
Tim visitasi terdiri dari dr.Else Mutiara Sihotang, SpKK/ Kasie Pemantauan dan Evaluasi Rumah Sakit Pendidikan Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemenkes RI (sebagai ketua Tim visitasi) yang didampingi oleh dr.Hermien Widjajati Moeryono,SpAK/ KSM Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita Jakarta (Asosiasi Rumah Sakit Pendidikan Indonesia (ARSPI), dr. Siti Pariani,MS,MSC.,PhD/ dosen FK Universitas Airlangga (asosiasi institusi Pendidikan kedokteran Indonesia/AIPKI, drg. Christiana E.N. Hendarjudani,M.Kes (staf Subdit RS Pendidikan Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemenkes RI dan Prapti Widyaningsih, SH (staf Perancang Peraturan Perundang-undangan Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI.
Tim kemenkes RI disambut langsung oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, dalam sambutannya menyatakan komitmen menjadikan RSUD Kabupaten Klungkung sebagai RSU Kelas B Pendidikan, karena banyak manfaat positif bagi sosial ekonomi dan kemajuan masyarakat klungkung dan sekitarnya. Acara visitasi ini juga dihadiri kepala Dinas Kesehatan Propinsi Bali Hadir Juga Dekan fakultas Kedokteran Universitas Islam Al Azhar-Mataram, Direktur RSUD Kabupaten Klungkung beserta jajaran manajemen Rumah Sakit, Dewas BLUD, Tim Pembina BLUD, Komite-komite, kepala KSM dokter spesialis dan Direktur Rumah Sakit lain yang meninjau, anggota komite koordinasi pendidikan (KOMKORDIK) RSUD Bangli, anggota Tim Koordinasi Pendidikan KORDIK) RSUD Klungkung dan staf serta seluruh jajaran instalasi/ruangan/unit pelayanan di RSUD Kabupaten Klungkung.
Direktur RSUD Klungkung mengatakan bahwa dengan berpedoman pada Peraturan Pemerintah No 93 Tahun 2015 Tentang Rumah Sakit Pendidikan, visitasi dilakukan terhadap 5 standar Rumah Sakit Pendidikan sesuai Borang Penilaian yaitu meliputi Standar I (Standar Visi, Misi Komitmen, dan Persyaratan), Standar II (Standar Manajemen dan Administrasi), Standar III (Standar Sumber Daya Manusia untuk program Pendidikan Klinik), Standar IV (Standar Penunjang Medik) dan Standar 5 (Standar Perancangan dan Pelaksanaan Program Pendidikan Klinik yang berkualitas). “Setelah berupaya sejak 2 tahun, dimulai dari tahun 2016 maka hari ini rabu 8 Agustus 2018 dilaksanakan visiasi oleh Tim dari Kemenkes RI, harapan kami tentunya semoga  bisa mencapai hasil optimal yaitu lulus Akreditasi A sebagai Rumah Sakit Pendidikan satelit bagi institusi FK Unizar dan Rumah Sakit Utama RSUD Bangli”terang dr. Kesuma. Hal ini penting untuk bekal melangkah sebagai wahana praktek yang bermutu dan ilegal secara peraturan yang berlaku, dan direktur RSUD Klungkung juga menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak dan upaya optimal jajaran RSUD Kabupaten Klungkung.[Gusti/r3]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net