370 Lulusan ISI Denpasar Dilepas - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Minggu, 30 September 2018

370 Lulusan ISI Denpasar Dilepas

Dibekali Keilmuan Komperhensif Jadi Insan Mandiri

DENPASAR-Balikini.Net -Rektor Insitut Seni Indonesia (ISI) Denpasar Prof. Dr. I Gede Arya Sugiartha, SSKar., MHum., melepas sebanyak 370 wisudawan dari program Sarjana Terapan, Sarjana dan Pascasarjana dalam acara Wisuda Sarjana ke-XXI di kampus setempat, pada Jumat (28/). Seluruh lulusannya telah dipersiapkan dengan bekal keilmuan yang komprehensif agar menjadi insan-insan yang mandiri, dengan empat keunggulan utama.


Empat keunggulan utama menurut Arya, di antaranya, keunggulan intelektual yang mengarah pada pencarian nilai-nilai kebenaran; estetis agar setiap tindakannya mampu memberikan rasa senang dan nyaman.

Selanjutnya keunggulan moral, tujuannya agar lulusan ISI Denpasar selalu menabur kebaikan dan etika, serta terakhir keunggulan spiritual agar menyadari bahwa hidup ini adalah anugerah yang patut disyukuri,

"Dengan empat keunggulan utama ini, lulusan ISI Denpasar akan mampu bersaing dalam segala hal dan di segala zaman. Berdasarkan hasil 'tracer study' menunjukkan masa tunggu lulusan ISI Denpasar dalam memperoleh pekerjaan tidak lebih dari dua bulan," ucapnya.

Bahkan, lanjut Prof Arya, malah yang terbanyak dari para lulusan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri. Apalagi yang sangat menggembirakan, para sarjana seni terus menerus berkreativitas, berinovasi dalam menjawab tantangan zaman, sehingga melahirkan berbagai jenis profesi baru.

"Lulusan perguruan tinggi seni kini dengan gagah dan bangga mengungguli setiap persaingan, menjadi pribadi yang mandiri dan selalu dibutuhkan dalam membangun negeri," ujar guru besar asal Pujungan, Kabupaten Tabanan itu.

Oleh karena itu, Prof Arya mengajak semua pihak untuk mendukung setiap langkah para lulusan untuk berinovasi, membangun komunikasi, agar kompetensi seni tidak lagi menjadi pelengkap penghibur. Melainkan menjadi pilihan yang cerdas dan bermartabat.

Dalam acara Wisuda Sarjana ke-21 ISI Denpasar itu, dari 370 wisudawan/wisudawati yang dilepas itu terdiri atas 113 orang lulusan Fakultas Seni Pertunjukan, 222 orang lulusan Fakultas Seni Rupa dan Desain, serta 35 orang lulusan Program Pascasarjana (S2).

Untuk tiga lulusan terbaik program Sarjana Terapan (D4) yakni Ni Gusti Made Arilaksmi Dwismara, Meliana Atmaja, dan Ni Kadek Ary Mailyani. Sedangkan lima lulusan terbaik program S1 adalah Ni Made Ary Yanti Putri Negara, Ni Nyoman Sraya Murtikanti, Ni Wayan Ria Andayani, Ni Made Sugi Widyastuti, dan Ni Made Chandra Oktavia Dewi.

Sementara tujuh lulusan terbaik program Pascasarjana (S2) yakni Ni Kadek Yuni Diantari, Dewa Made Weda Githapradana, Ida Bagus Hari Kayana Putra, Made Tiartini Mudarahayu, Ni Putu Darmara Pradnya Paramita, dan I Komang Angga Mahaputra.[wp/r4]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net