-->

Minggu, 28 Oktober 2018

BUPATI KARANGASEM BUKA ACARA PAGELARAN BUDAYA

BUPATI KARANGASEM BUKA ACARA PAGELARAN BUDAYA

Karangasem ,Balikini.Net - Pemerintah Kabupaten Karangasem mengadakan acara Pagelaran Budaya MGMP Seni Budaya SMP Kabupaten Karangasem, acara yang di isi pula dengan pertunjukan dremband dari anak  SMP  dan beberapa tarian khas Bali dibuka langsung Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dan dihadiri pula oleh Forkopimda Kabupaten Karangasem, Kpala OPD Se- Kabupaten Karangasem, DPD KNPI bersama anggota dan seluruh Undangan, Minggu (20/10/2018) di Taman Suekasada Ujung

Laporan ketia MGMP seni Budaya Ida Wayan Gautama dalam laporannya mengatakan Yang melatar belakangi dilaksanakannya kegiatan GSB MGMP SB se Kab.Karangasem adalah semenjak dihapuskannya lomba seni pelajar dalam agenda tahunan Pekan Olah Raga dan Seni Pelajar(PORSENIJAR). Sangat jaranga bahkan hampir tidak pernah ada kegiatan kegiatan seni baik pagelaran atupun lomba lomba yg melibatkan siswa siswa SMP

Tujuan kegiata GSB adalah untuk meningkatkan kreatifltas seni siswa smp dan guru guru smp se kab Karangasem dan untuk menggali potensi potensi seni budaya lokal dan nusantara. 

Peserta GSB MGMP SB hari ini diikuti oleh siswa siswa smp, para insan insan seni smp se kab karangasem yag terbagi menjadi 4 bidang seni yaitu bidang seni rupa 25 sekolah, seni suara 20 sekolah, seni tari 22 sekolah dan seni teater/drama 13 sekolah dengan jumlah seluruh peserta 579 siswa

Laporan ketua karang taruna kabupaten karangasem I Gusti Ngurah Gede Subagiartha mengatakan, hakekat pemuda adalah mempunyai nyali dan ber otak encer, kita sebagai garda muda harus solidaritas

Hari ini nilai solidaritas mulai terkikis, gelar budaya hari ini adalah suatu ujud kreatifitas seni para guru dan siswa  smp se kabupaten karangasem harus kita hargai.

Para pemuda berkreatifitaslah agar nantinya lahir para seniman yang berbakat agar kita mampu bersaing dengan kabupaten kota se bali dan di tingkat nasional.

Dan KNPI sudah berusaha yang terbaik dan mendorong para pemuda agar tetap kokoh, Mari kita bangkit dan smoga nantinya bisa melahirkan pemuda yang bisa mencintai kabupatn karangasem, 


Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Smatri dalam sambutannya mngatakan, Sektor pendidikan merupakan salah satu faktor yang menentukan kualitas manusia Indonesia disamping sektor kesehatan dan ekonomi. 

Karena itu selaku Bupati Karangasem, saya memberikan perhatian yang serius dan sunguh-sungguh untuk memajukan pendidikan khususnya di Kabupaten Karangasem. Karena itu, saya selalu memantau dan memerintahkan jajaran Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem untuk bekerja dengan serius dan melayani bidang pendidikan dengan baik. 

Untuk memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Karangasem, saya selalu berupaya untuk memenuhi delapan standar pendidikan agar pendidikan di Kabupaten Karangasem dapat bersaing dengan pendidikan di Kabupaten lainnya maupun di tingkat Nasional. 

Beberapa langkah nyata yang telah saya gariskan Kepada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem untuk memajukan Pendidikan di Kabupaten Karangasem yaitu: 

1. Dari segi sarana prasarana , Pemerintah Kabupaten Karangasem setiap tahun menganggarkan dana puluhan miliyar untuk memperbaiki berbagai sarana pendidikan baik untuk membangun ruang kelas baru, memperbaiki ruangan belajar , menata halaman sekolah maupun untuk melengkapi berbagai sarana keperluan sekolah. 

2. Dari segi kualitas guru, Pemerintah Kabupaten Karangasem setiap tahun juga menganggarkan dana ratusan juta rupiah untuk pelatihan peningkatan kompetensi guru sehingga guru mampu melaksanakan tugasnya dengan profesional. 

3. Dari segi penanaman karakter siswa, Pemerintah Kabupaten Karangasem setiap tahun menganggarkan dana ratusan juta rupiah, untuk membina mental siswa agar memiliki karakter yang baik serta memiliki daya saing yang tinggi dalam mengisi kemerdekaan. 

Disamping untuk meningkatkan kreatifltas seni siswa dan guru SMP seKabupaten Karangasem serta untuk menggali Potensi-potensi Budaya Lokal dan Nusantara perlu wadah untuk beraktifitas bidang seni untuk peserta didik SMP / MTs dalam mempelajari kesenian 

Sedangkan untuk guru Seni Budaya Tingkat SMP/MTs agar lebih meningkatkan kreatiiitas dan aktifltas di bidang seni baik local maupun nusantara. Selama ini hampir tidak pernah ada lomba atau kegiatan gelar seni tingkat SMP/MTs ,setelah kegiatan Pekan Olah raga dan seni Pelajar dihapus untuk Seninya diganti menjadi Pekan Olah Raga Pelajar (Porjar) saja, sehingga untuk Bidang seni tingkat SMP/MTs tidak ada wadah untuk memberikan tempat kepada Gum-guru seni Budaya dan peserta didik berkreatifltas menggali potensi-potensi seni budaya baik local maupun nusantara melalui biang Seni Rupa, Seni Tari , Seni Musik maupun Seni Teater. Dengan latar belakang tersebut sehingga saya mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan gelar seni budaya yang diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran Seni Budaya (MGMP) telah berinisiatif menyelengarakan kegiatan ini, sehingga baik guru seni budaya maupun peserta didiknya bisa meningkatkan kreatifltas dan aktifltas di bidang seni. 

Dengan kegiatan Pagelaran Seni Budaya ini semoga bisa menjadi motivasi bagi guru seni budaya serta peserta didiknya untuk lebih meningkatkan potensi-potensi seni dan budaya baik local maupun nusantara dan semoga bisa memberikan dampak positif kepada peserta didik tingkat SMP/MTs untuk tidak terjerumus pada narkoba dan kenakalan remaja. Sehingga visi saya untuk mewujudkan Karangasem yang Cerdas, Bersih dan Bermartabat berlandaskan Tri Hita Karana betul-betul terealisasi.*









Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved