-->

Jumat, 11 Januari 2019

Upacara Penyineban Karya Utama di Pura Kahyangan Jagad Dasar Bhuana Gelgel

 Upacara Penyineban Karya Utama di Pura Kahyangan Jagad Dasar Bhuana Gelgel

Klungkung,balikini.net - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ny. Ayu Suwirta menghadiri upacara Nyineb, Nuwek, Mendem Bagia Pulakerti lan Penyejeg Gumi di Pura Kahyangan Jagat Dasar Bhuana Gelgel, jumat 11/1/2019. Upacara ini merupakan prosesi ke 32 dari 33 rangkaian kegiatan Upacara Karya Agung Mamungkah, Nubung Pedagingan, Ngenteg Linggih, Pedudusan Agung, Tawur Panca Wali Krama, Mahayu Jagat, dan Marisuda Gumi yang puncak upacaranya telah dilaksanakan Senin 31 Desember 2018 lalu.

Bupati Suwirta menyampaikan setelah pelaksanaan upacara karya yang merupakan tingkat utamaning utama ini diharapkan senantiasa tercipta kedamaian, mengembalikan vibrasi pura untuk menjaga keajegan Desa Gelgel, Jagad Bali dan Nusantara pada umumnya. “ Sama halnya dengan Pemda Klungkung dengan spirit GEMA SANTI, seluruh rangkaian upacara karya utama ini diharapkan akan tercipta kedamaian terhadap seluruh umat manusia serta alam dan isinya, serta mengembalikan vibrasi Pura Dasar Bhuana untuk menjaga keajegan Desa Gelgel, Jagad Bali dan Nusantara pada umumnya.” Ujar Bupati Suwirta. Ditambahkan pula, pemerintah daerah berkomitmen akan selalu mensuport setiap kegiatan Upacara Yadnya semacam ini sesuai kemampuan Pemerintah. 

Pangenter Upacara Dewa Soma  mengatakan upacara Nyineb, Nuwek, Mendem Bagia Pulakerti lan Penyejeg Gumi ini dilakasanakan secara bersamaan dengan di Pura Bale Agung, Melanting, Pusering Jagad, Pura Yasa dan Taman Beji. Prosesi dipuput oleh 7 orang Peranda ring dasar buana 2 dan masing masing Pura oleh seorang peranda.

Sementara itu  dihari yang sama, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta bersama Ny, Sri Kasta menghadiri upacara Mecaru Lan Melaspas Alit di Pura Taman Puncak Sari Desa Akah. Wabup Kasta yang juga mantan Bendesa Pakraman Desa Akah ini berharap agar pujawali yang akan datang masyarakat bisa selalu bersemangat dan tulus ikhlas untuk ngayah di Pura,  sehingga pujawali nanti bisa berjalan lancar. “Selalu tanamkan rasa semangat dan tulus ikhlas ngayah di Pura,” harapnya.

Pemkab Klungkung telah berkomitmen hadir di setiap upacara Dewa Yadnya, Bupati maupun Wakil Bupati akan menyempatkan diri bertatap muka dan berbincang bincang, turun bermasyarakat memenuhi undangan masyarakat disela-sela kesibukan melaksanakan tugas kedinasan. Dikepemimpinan periode ke dua ini Bupati Suwirta akan lebih banyak dan selalu berupaya menghadiri setiap undangan Dewa Yadnya masyarakat Klungkung. [Jim/r5] 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved