-->

Minggu, 28 April 2019

Sungai Cibeet Meluap, Karangligar Kembali Banjir

Sungai Cibeet Meluap,  Karangligar Kembali Banjir

Jabar,Balikini.Net - Meluapnya air sungai Cibeet  merendam sekitar 140 rumah di Desa Karangligar. Kecamatan Karawang Barat. Karawang, pada Sabtu pagi, (27/4) sekitar pukul 07.00 WIB.

Warga Karangligar. Suparman yang rumahnya juga ikut terendam banjir mengatakan banjir tersebut sudah langganan setiap sungai Cibeet meluap dipastikan terendam banjir, menurutnya banjir  sudah dua kali dalam satu bulan ini dengan ketinghian bervatiasi mulai 50 hingga 30 centimeter.

"Sudah menjadi langganan banjir setiap sungai Cibeet meluap karena pemukinan warga tidak jauh dari bantaran sungai, " kata Suparman,  Sabtu (27/4).

Dia menjelaskan banjir sekarang itu air datangnya secara langsung dan masuk ke pemukiman warga itu udah kaya yang ditumpahkan . Jadi tidak kaya banjir biasanya dimana air itu naiknya sedikit-sedikit dan tingginya pun hanya sekitar 20 centimeter, sedangkan warga kita di sini sedikitnya ada 140  rumah warga.

"Rumah yang terendam banjir ada sekitar 140 an rumah,  "katanya.

Suparman sangat berharap agar pemerintah baik pusat maupun daerah segera mencari solusi terbaik,  karena selama ini hanya menjadi wacana akan dibuatkan embung  penampungan air dalam mengatasi dampak banjir luapan sungai Cibeet ,seharusnya rencana program itu  agar segera direalisasikan  sebab jika tidak, dengan cuaca musim hujan ini akan ada kiriman air lagi dari wilayah hulu sungai Cibeet.

“Kalo untuk korban Alhamdulillah tidak ada, tapi kalo harta benda, ya alat-alat elektronik  dan barang berharga lainnua aja semuanya rusak tapi sekarang saya belum menghitung berapa kerugian yang saya alami,” tuturnya.

Sementara itu Petugas  Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Karawang,  Kaming mengatakan petugas dilapangan terus melakukan pemantauan dilapangan antispasi volume banjir naik,  untuk evakuasi warga yang masih bertahan dirumah.

"Kita masih koordinasi dilapangan untuk antisipasi ketinggian air banjir naik, " tukasnya.[jb/r5]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved