-->

Selasa, 01 Oktober 2019

Wabup Monev Peran Pokdarwis Dalam Pengembangan Desa Wisata

Wabup Monev Peran Pokdarwis Dalam Pengembangan Desa Wisata

Klungkung,Blikini.Net - Guna  melihat peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam pengembangan dan pengelolaan desa wisata, Wakil Bupati Klungkung Made Kasta melakukan monitoring dan evaluasi beberapa Desa Wisata di kecamatan Banjarangkan, Selasa (1/10). Wabup Made Kasta yang didampingi Asisten Administrasi Umum, Wayan Sumarta, Kabid Sumber Daya Pariwisata, Tjokorda Gde Romy Tanaya serta sejumlah awak media mengunjungi desa wisata Bakas dan Desa Wisata Timuhun.

" Kita ingin tahu sejauh mana peran Pokdarwis dalam mengembangkan dan mengelola desa wisata masing masing desa, jangan sampai desa desa berlomba membuat desa wisata dan membentuk pokdarwis, tapi baru beberapa bulan dibentuk ternyata tidak jalan." Ujar Wabup Made Kasta.

Dilokasi pertama yakni Desa Wisata Kubu Bakas, Ketua Pokdarwis Kadek Widiasa Perdes melaporkan kegiatan wisata telah berjalan didesanya. Program wisata yang ditawarkan yakni Balinese traditional Cooking Class atau kelas memasak khas Bali, Home Stay, Agriculture Tracking dan wisata lainnya yang tengah dikembangkan. Ditengah geliat pariwisata, Desa Bakas ternyata belum membentuk Badan usaha Milik Desa (BUMDES) selaku pengelola usaha didesa. Hal ini menyebabkan Pokdarwis Bakas tidak berani melakukan pungutan tiket, Sehingga untuk pembayarannya masih dalam bentuk donasi.  Kepada seluruh Tim monev, Ketua Pokdarwis Kadek Widiasa berharap bantuan permodalan pengembangan atraksi objek wisata serta regulasi sehingga Pokdarwis bisa menarik iuran atau retribusi kepada wisatawan.

Sementara itu dilokasi kedua yakni di Lembah Wenare Desa Wisata Timuhun, rombongan monev disambut pengelola spot selvi, Nengah Lugra dan sejumlah perangkat Desa Timuhun. Nengah Lugra melaporkan, selama ini pengelola objek wisata di Timuhun berjalan sendiri sendiri. Hal ini disebabkan oleh vakumnya Pokdarwis didesanya semenjak ditinggal mati oleh ketua Pokdarwis sekitar setahun lebih. Desa Timuhun memiliki potensi wisata pemandangan dari atas perbukitan, serta Pura Yeh Embang yang dilengkapi dengan permandian. Menurut Nengah Lugra Pura ini cocok dikembangkan sebagai wisata spiritual.  

Menanggapi sejumlah permasalahan dilapangan, dalam wawancaranya Wabup Made Kasta menghimbau kepada desa yang ingin menciptakan desa wisata supaya benar benar menyiapkan objek wisatanya serta akomodasi pendukung, sehingga sebuah paket wisata dapat berjalan dengan baik. Selain itu desa juga dihimbau membentuk BUMDES sebagai wadah tempat bernaung Pokdarwis dalam menggerakan usaha pariwisata.    

Selain berbincang dengan anggota Pokdarwis, para pengelola dan perangkat desa setempat, Wabup Made Kasta juga menyempatkan melihat program wisata Balinese Traditional Cooking Class atau kelas memasak khas Bali yang diikuti oleh sejumlah wisatawan asal Belanda di salah satu Home Stay di Desa Bakas. Para wisatawan tampak antusias mengikuti program ini Karena mengaku menyukai masakan dan bumbu khas Bali. [Jim/r5]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved