-->

Senin, 12 Oktober 2020

Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal dan Fasilitasi KUR untuk 100 UMKM Lokal

 Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal dan Fasilitasi KUR untuk 100 UMKM Lokal



Denpasar,BaliKini.Net 
- Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster memuji ketangguhan UMKM Bali yang tetap mampu bertahan di tengah badai pandemi Covid-19, yang berpengaruh besar terhadap sektor perekonomian. 


“Terbukti, UMKM tetap menggeliatkan perekonomian kita di tengah pandemi. Pariwisata boleh terpuruk, namun UMKM tetap bisa jalan meski penuh upaya dan peluh,” kata Ny Putri Koster dalam arahanya pada acara Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal dan Fasilitasi KUR yang dilaksanakan di Hotel Vasini Denpasar, Senin (12/10) pagi.


Diriya juga mengajak UMKM terus berbenah untuk mempersiapkan diri menghadapi kemajuan zaman serta teknologi, atau yang lazim disebut industri 4.0. 


“Harus terus belajar, belajar marketing, banyak bertanya kepada mereka yang sudah berhasil, sehingga nantinya UMKM kita bisa lebih mandiri. Pelaku usaha juga jangan hanya bicara industri 4.0, tapi siapkan diri juga. Sudah bisakah masuk ke marketplace, sudah bisakah transaksi dengan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard, red)?, dan sebagainya,” ujar sosok seniman serba bisa ini.


Dirinya kembali mengingatkan keada para pemodal besar, industri pariwisata, restoran hingga pasar modern menunjukkan kepedulian yang lebih besar kepada kelangsungan hidup UMKM di Bali. "Lebih peduli-lah kepada produk-produk lokal, kepada pelaku usaha kita di Bali. Turut serta juga mensejahterakan UMKM lokal Bali, cari solusi bersama, gotong royong jika ada hambatan-hambatan di lapangan," sentilnya.


Harapannya jangan Bali ini dijadikan konsumen semata, karena Bali juga punya banyak produk yang bisa diolah dan kita kedepankan. Terlebih jiwa seni Bali yang mampu meningkatkan kualitas produk.[ar/r5]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved