-->

Kamis, 17 Maret 2022

FH Unwar Mulai Implementasikan Program MBKM

  FH Unwar Mulai Implementasikan Program MBKM


BALIKINI.NET, BALI — Mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Tahun 2022, Fakultas Hukum Universitas Warmadewa (FH Unwar) menerjunkan mahasiswanya ke berbagai industri dan instansi hukum untuk mengikuti praktek kemahiran hukum (PKH). Sebanyak 315 mahasiswa hukum semester 4 yang diterjunkan ini dilepas dan diberikan pembekalan, Sabtu (12/3) di kampus setempat.

Dekan FH Unwar, Prof. Dr. I Nyoman Putu Budiartha, SH.,MH., mengatakan untuk pertama kalinya mahasiswa FH Unwar diterjunkan langsung untuk mengikuti PKH dalam rangka mengimplementasikan program MBKM. Mahasiswa yang diterjunkan ini akan mengikuti kuliah di luar kampus, yakni di industri/instansi hukum yang sebelumnya telah dilakukan kerjasama. Mahasiswa Hukum ini akan disebar dan dirolling pada industri/intansi hukum untuk mengikuti PKH selama 4 bulan dengan mengambil 10 mata kuliah (20 SKS). Industri/Instansi hukum yang telah diajak kerjasama, yakni Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Pengadilan Tata Usaha Negara (TUN), Kejaksanaan, Kantor Advokat/Lawyers, dan Notaris.

Prof. Budiartha, menjelaskan bahwa maksud program MBKM adalah adanya sebuah perubahan disrupsi dari sebuah tatanan yang normal menjadi tidak normal dalam situasi yang saat ini ingin cepat berubah menyesuaikan dengan keadaan. Sehingga, ilmu pengetahuan dan teknologi juga harus menyesuaikan dengan keadaan sekitar atau bahkan keadaan dunia. Oleh karena itu, sedini mungkin mahasiswa diadaptasikan dengan lingkungan kerja agar nanti mereka mendapatkan kompetensi untuk bisa bersaing lebih cepat dengan perguruan tinggi atau alumni-alumni yang lain. “Intinya adalah bagaimana secepat mungkin dia beradaptasi, berinovasi untuk mendapatkan kompetensinya, yakni bisa diterima di dunia kerja atau bahkan membuka peluang kerja,” tandas Prof. Budiartha.

Lebih lanjut, dikatakan tidak hanya di industri/instansi hukum, namun mahasiswa hukum juga diarahkan untuk mengambil program MBKM di kampus lain. Seperti di Universitas Mahasaraswati Denpasar, Universitas Dwijendra Denpasar, dan Universitas Ngurah Rai Denpasar. Bahkan, mahasiswa hukum juga bisa mengambilnya program MBKM di dalam kampus, namun pada Prodi yang berbeda.

Melalui program MBKM ini, mahasiswa hukum FH Unwar diharapkan bisa beradaptasi dan berinovasi. Sehingga, kualitas dan kompetensi lulusan semakin kompetitif. Dengan demikian kepercayaan masyarakat untuk menguliahkan putra-putrinya di FH Unwar semakin meningkat. Sebab, apa yang telah dilakukan ini sesuai dengan perencanaan yang sangat baik. (**)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved