-->

Sabtu, 30 Juli 2022

Pasca di Buka Bupati Pengerjaan TMMD ke 114 di Kebut, Tanpa Mengurangi Mutu

  Pasca di Buka Bupati Pengerjaan TMMD ke 114 di Kebut, Tanpa Mengurangi Mutu


Tabanan - Satgas Berjibaku Mewujudkan akses jalan antar dua Kecamatan di Tabanan. Itu setelah program TMMD ke-114 di wilayah Kodim 1619/Tabanan dibuka secara resmi oleh Bupati Tabanan (26/7) lalu.

Pengecoran jalan telah dilakukan sepanjang 1.150 meter dan sasaran fisik lainnya yang dipimpin Dansatgas TMMD ke 114 yang juga Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Ferry Adianto, S.I.P dan Komandan Kompi Satgas Kapten Czi I Nyoman Wirahadi bersama 110 orang personel gabungan bergotongroyong bersama warga masyarakat stempat.

Hal ini untuk melancarkan pendistribusian produk pertanian di dua wilayah kecamatan antara kecamatan Selemadeg dengan kecamatan Penebel melalui desa Wanagiri dan desa Sangketan.  

Satgas TMMD bersama masyarakat terus bekerja keras melanjutkan secara bahu membahu melaksanakan pelebaran jalan, pengecoran (betonisasi), pembuatan plat beton, gorong-gorong serta penyenderan.

Hingga hari ke-2 TMMD, Rabu (27/7/2022) sasaran fisik yang telah dicapai diantaranya dengan rincian pelebaran jalan sudah  mencapai 90 %, pembuatan plat  beton dan senderan jembatan  pertama (1) mencapai 55 %, pembuatan gorong - gorong dan senderan pertama (1) mencapai 100%.

Pembuatan plat beton ke dua (2) dan Senderan, Pengecoran  dan pemerataan badan jalan mencapai  90%, pembuatan gorong - gorong dan senderan ke dua (2) mencapai 60%, sementara untuk pengecoran badan jalan baru mencapai 178 meter dari 1.150 meter sasaran.

Menurut Dansatgas TMMD ke-114 Letkol Inf Ferry Adianto, S.I.P menerangkan bahwa akses jalan yang sedang dikerjakan melalui TMMD ke 114 ini merupakan bentuk kemanunggalan TNI-Rakyat untuk bersama-sama mendukung pemerintah daerah didalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Karena akses jalan ini selain sangat strategis untuk melancarkan pendistribusian hasil-hasil pertanian, perkebunan dan hasil bumi lainnya juga mempermudah masyarakat antar kedua kecamatan sebagai jalan pintas mempersingkat waktu tempuh dalam kegiatan sehari-hari dan lebih strategisnya lagi akses jalan ini juga menuju ke salah satu pura besar di tabanan yaitu pura luhur muncak sari dan pura luhur tamba waras yang merupakan bagian dari catur angga pura luhur batukaru yang sangat sakral bagi masyarakat hindu di tabanan bahkan masyarakat bali," jelas Dandim Letkol Inf Ferry Adianto.

Lanjut Dandim, pemerintah daerah Kabupaten Tabanan maupun TNI-Polri dan seluruh komponen masyarakat sangat mendukung program TMMD ke 114 ini.

Hal tersebut dapat dilihat dari dukungan penuh oleh pemda dan masyarakat setempat dan secara umum masyarakat tabanan. Bahkan pemilik lahan sendiri yang terkena pelebaran jalan dengan sukarela menyerahkan tanahnya untuk pelebaran akses jalan tersebut kepada program TMMD ke-114.

“Kita semua berharap program TMMD ke 114 ini dapat kita sukseskan tepat waktu dan tepat sasaran dengan dukungan dan peran serta masyarakat yang begitu antusias dan bersemangat dalam mewujudkannya saya yakin akan berjalan lancar,"terangnya.

Terkait kendala yang dihadapai Letkol Ferry mengemukakan bahwa dalam program TMMD ini masih dipengaruhi kondisi cuaca dan kondisi alam lainnya karena dilokasi tanahnya cukup labil kemungkinan terjadinya longsor dan juga kendala tekhnis lainnya seperti sumber air yang terbatas karena berada diluar pemukiman. 

Sehingga untuk melancarkan pengerjaan Satgas juga harus mengangkut air secara manual dari sungai. "Walau demikian dengan semangat gotongroyong dan semangat menyamabraya bersama masyarakat kita yakin semua kendala tersebut dapat kita atasi”, ujarnya.

Lebih lanjut terkait Satgas TMMD, Dansatgas juga menyampaikan bahwa Satgas TMMD yang terdiri dari personel gabungan ditempatkan langsung dilokasi dan pemukiman warga terdekat sehingga berbaur dengan masyarakat untuk menumbuhkan kedekatan dan kemanunggalan antara TNI-Rakyat betul-betul dapat dirasakan.

"Dengan kebersamaan melalui TMMD ini kita tingkatkan rasa persatuan dan kesatuan dan menumbuhkan rasa nasionalisme untuk membangun NKRI yang kita cintai”, pungkas Dandim Ferry.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved