-->

Jumat, 05 Agustus 2022

Dua Pantai Di Karangasem Ini Akan Dipasangi Alat HF - Radar Maritim, Miliki Fungsi Vital Hingga Mudahkan Para Nelayan

   Dua Pantai Di Karangasem Ini Akan Dipasangi Alat HF - Radar Maritim, Miliki Fungsi Vital Hingga Mudahkan Para Nelayan


Karangasem, Bali Kini - BPBD Kabupaten Karangasem berkolaborasi dengan Badan Meteorologi,  Klimatologi, serta  Geofisika (BMKG) akan membangun HF - Radar Maritim di dua pesisir pantai Karangasem, diantaranya yakni pantai Pantai Antiga Kelod, Manggis dan Pantai Seraya, Karangasem. 

HF - radar Maritim ini memiliki fungsi yang sangat vital seperti pencarian dan penyelamatan (bagi unsur SAR). Memantau perubahan iklim, gelombang laut serta arus. Juga sebagai sistem peringatan dini tsunami, dan pelacakan tumpahan minyak.

Dikatakan Ida Bagus Ketut Arimbawa, Kepala Pelaksana BPBD Karangasem jika pembangunan HF - radar Maritim ini sejatinya sudah mulai dilakukan pada Rabu (3/8/2022) kemarin dengan memasang patok batas pembangunan di dua titik lokasi. "Agendanya yakni memasang patok pembangunan HF - Radar  Maaritim di Pantai di Antiga Kelod, serta Pantai  Batu  Telu, Seraya,"ungkapnya.

Selain itu, alat ini juga dapat berfungsi sebagai pemantauan perpindahan ikan atau daerah tangkap. Dimana dalam hal ini nelayan nantinya akan diberikan sosialisasi agar memudahkan para nelayan dalam menangkap ikan. "Makanya, nelayan dilibatkan dalam sosialisasi awal. Jika sudah selesai pembangunan kami akan adakan sosialisasi kembali, " Katanya, Kamis (4/8/2022). (AMI)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved