-->

Jumat, 28 Juli 2023

Dukung Percepatan Digitalisasi Guna Peningkatan Ekonomi, BI Sambut Baik Kick-off dan Sosialisasi KKI Pemda Bali

Dukung Percepatan Digitalisasi Guna Peningkatan Ekonomi, BI Sambut Baik Kick-off dan Sosialisasi KKI Pemda Bali


 Bali Kini - Wujud nyata Percepatan dan Perluasan Digitalisasi (P2DD), Bank Indonesia menyambut baik Kick-Off dan Sosialisasi Kartu Kredit Indonesia (KKI) di Pemerintah Daerah Bali.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali R Erwin Soeriadimadja mengatakan "Pemerintah Provinsi Bali bersama Bank Indonesia dan BPD Bali selalu mendukung dan mempercepat digitalisasi daerah karena digitalisasi telah menjadi katalisator yang kuat dalam meningkatkan perekonomian di Bali," ujarnya saat Kick-Off dan Sosialisasi Kartu Kredit Indonesia(KKI) Provinsi Bali di Denpasar, Selasa(25/7/2023).

Implementasi KKI merupakan sebuah inovasi dalam belanja daerah yang menjadi ciri khas Bali untuk selalu berinovasi pada digitalisasi daerah. 

R Erwin Soeriadimadja juga menjelaskan Pertumbuhan ekonomi Bali pada TW I 2023 berada di posisi 6 Nasional dengan pertumbuhan 6,04% (yoy), di atas pertumbuhan ekonomi Nasional yaitu 5,03% (yoy). Aksesibilitas dan Inklusi Keuangan di Bali sangat tinggi yaitu di posisi 5 Nasional dengan Indeks Literasi Keuangan 57,66% dan Indeks Inklusi Keuangan sebesar 92,21% berdasarkan hasil survei Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan 2022 oleh OJK. 

Kemajuan teknologi telah mendorong munculnya beragam jenis profesi dan pekerjaan baru, bahkan Canggu Bali mendapatkan predikat tempat terbaik nomor 1 untuk lokasi bekerja bagi para digital nomad. Dimana digitalisasi ini telah membuka peluang baru bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Bali untuk berinovasi dan mencapai pasar yang lebih luas termasuk ekspor ke luar negeri.

Layaknya Platform e-commerce, digital marketing, dan pembayaran secara online yang telah membantu UMKM Bali memperluas jangkauan dan meningkatkan daya saing. 

"Untuk mengakselerasi digitalisasi yang sedang Bali lakukan, hari ini kita akan segera menyaksikan Kick-off dan Sosialisasi KKI di Provinsi BaliPada saat ini terdapat 6 (enam) Pemda Bali yang telah menerbitkan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) tentang Kartu Kredit Pemerintah Daerah, dan harapannya kegiatan hari ini dapat mempercepat penerbitan 4 (empat) Perkada lagi,"ungkapnya.

Proses implementasi KKI di Bali menghadapi tantangan. Salah satunya adalah dengan kompatibilitas antara sistem KKI dengan sistem informasi yang telah ada di Pemda. Namun hari ini kita akan membuktikan, bahwa dengan kolaborasi, inovasi dan sinergi antara Pemda, Bank Indonesia dan BPD Bali, KKI tetap dapat diimplementasikan. 

"Kami yakin implementasi KKI ini dapat mempertahankan Bali sebagai provinsi digital. TP2DD Provinsi Bali mendapatkan Juara 1 TP2DD Provinsi terbaik di Jawa- Bali, TP2DD Kabupaten Buleleng mendapatkan Juara 1 TP2DD Kabupaten terbaik di Jawa-Bali dan BPD Bali sebagai Bank RKUD terbaik di Nasional, dan semoga prestasi ini dapat ditingkatkan di 2023,"imbuhnya.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved