-->

Senin, 20 November 2023

Sempat vakum , Mekepung Gubernur Cup digelar kembali

 Sempat vakum , Mekepung Gubernur Cup digelar kembali


Jembrana , Bali Kini -
Setelah vakum selama 3 tahun, event Mekepung Gubernur Cup kembali digelar, Minggu (19/11) di Sirkuit All In One, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara.

Kembalinya digelar event ini ,terakhir digelar pada tahun 2019, mendapat sambutan positif dari masyarakat Jembrana. 

 

Mekepung Gubernur Cup 2023  disaksikan langsung Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya didampingi Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Wabup IGN Patriana Krisna, serta unsur Forkopinda Jembrana.   Makepung Gubernur Cup diikuti 171 peserta terdiri dari Ijogading Timur menerjunkan 73 pasang kerbau, sedangkan  Tim  Ijogading barat 98 pasang kerbau. Perlombaan tersebut berlangsung seru, joki masing-masing tim saling berupaya keras mengalahkan lawan-lawannya. 


Dari pantauan, ribuan penonton termasuk sejumlah wisatawan asing nampak hadir memenuhi sirkuit All In One. 


 Pj Gubernur Bali S. M Mahendra Jaya memberikan apresiasi kepada Pemkab Jembrana atas perannya  mengangkat tradisi masyarakat menjadi suatu event yang sangat luar biasa dan menarik.  Dirinya mengakui bahwa mekepung ini merupakan kearifan lokal yang ada di Jembrana dapat disaksikan oleh masyarakat luas. 


“Saya juga pertama kali menyaksikan mekepung ini. Ini merupakan suatu langkah yang strategis, ini merupakan kearifan lokal yang ada dijembrana dapat disaksikan bukan hanya oleh orang Jembrana saja namun juga masyarakat luas. Tadi juga saya ada orang asing, ini tinggal kedepannya bagaimana agar event ini menjadi event yang rutin untuk dilaksanakan, ” ujarnya. 


Mahendra Jaya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah berpartisipasi.  Selain itu, Ia juga melihat antusias  masyarakat Jembrana sangat besar dan penuh semangat, selalu jaga kekompakannya dan sportivitas. 


“Saya sangat salut dengan masyarakat Jembrana, Salut dengan Bupati dan semua pihak, ini sangat luar biasa, ” jelasnya.


Lebih lanjut, pihaknya berharap kegiatan-kegiatan seperti makepung harus tetap dijaga kearifannya, karena Makepung merupakan aset Kabupaten Jembrana


“Ini merupakan salah satu komitmennya untuk mendukung kegiatan-kegiatan seperti mekepung, karena mengangkat kearifan lokal yang ada di masyarakat, biar tetap lestari, bisa diketahui oleh generasi muda supaya tidak hanya mendengar cerita saja soal mekepung tapi saya melihat disini,” ucapnya.



Apresiasi juga disampaikan Bupati Jembrana I Nengah Tamba atas terselenggaranya kembali event Makepung memperebutkan Piala Gubernur Bali tersebut. 


Menurut Tamba, wujud perhatian Gubernur Bali itu mampu menambah semangat serta gairah sekehe makepung dalam pelestarian seni budaya asli Jembrana.



Sementara itu, Koordinator Mekepung, I Made Mara ucapkan terimakasih atas kembali terselenggaranya Gubernur Cup.   Dirinya berharap Gubernur Cup di tahun 2024 kembali bisa diselenggarakan. 


“Kami sangat berharap di tahun 2024 bagaimana caranya agar Gubernur cup tetap diselenggarakan. Kami mohon siapapun Gubernur nya supaya tetap diselenggarakan, ” tandasnya. (Adi/J)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved