-->

Kamis, 25 Mei 2017

Lindungi Peternak di Pedesaan, Dewan Minta Hentikan Izin Investasi Peternak Babi

Lindungi Peternak di Pedesaan, Dewan Minta Hentikan Izin Investasi Peternak Babi

[ I Nyoman Sugawa Korry ]
Balikini.Net -Denpasar- Wakil Ketua DPRD Bali I Nyoman Sugawa Korry mengatakan, beternak babi bagi masyarakat Bali di pedesaan bisa menopang kehidupan ekonominya, juga untuk kepentingan sosial dan budaya. Namun, para peternak Babi di pedesaan biasanya mengalami kerugian saat harga anjlok karena ketersediaan pasokan daging babi sangat tinggi.

Hanya saja, ketersediaan daging babi yang melimpah ini biasanya dipasok oleh peternak babi berskala besar, bukan oleh peternak tradisional di pedesaan. "Beternak babi adalah salah satu cara tradisional masyarqkat Bali di pedesaan untuk menabung. Banyak kepentingan ekonomi, sosial dan budaya bisa diatasi melalui aktifitas beternak babi. Di sisi lain ketersediaan pasokan daging babi yang berlebih akan menyebabkan harga jatuh. Para peternak pasti akan rugi," ujar Sugawa Korry di Denpasar, Kamis (25/5).

Untuk melindungi peternak babi di pedesaan itu, Sekretaris DPD Partai Golkar Provinsi Bali, ini mengharapkan izin investasi peternak babi berskala besar harus dihentikan. Izin itu, kata diaz dikeluarkan oleh Dinas Perizinan Kabupaten/Kota atas rekomendasi dinas terkait. "Untuk itu diharapkan ijin investasi peternak besar harus distop, karena ini akan mengganggu keseimbangan pasar. Semua pihak terkait agar menyikapi secara bijaksana persoalan tersebut," kata Sugawa Korry.[an/r6]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved