Festival Kerambitan Ke-3 Dibuka dengan Gemuruh Okokan dan Tektekan - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Jumat, 20 Oktober 2017

Festival Kerambitan Ke-3 Dibuka dengan Gemuruh Okokan dan Tektekan

Tabanan Balikini,net  – Festival Kerambitan kembali digelar untuk yang ketiga kalinya. Festival yang rutin digelar Pemerintah Kecamatan Kerambitan ini dibuka secara resmi pada Kamis (19/10) oleh Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya.
Prosesi pembukaan ditandai dengan gemuruh alat musik okokan dan tektekan yang dibunyikan pertama kali oleh Wakil Bupati Sanjaya. Proses tersebut berlangsung di Puri Agung Kerambitan.
Selain oleh masyarakat setempat, prosesi itu turut disaksikan para undangan seperti jajaran anggota DPRD Kabupaten Tabanan, Sekda Kabupaten Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa dan pimpinan organisasi perangkat daerah atau OPD, Camat Kerambitan I Gede Sukanada, serta unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan atau Muspika Kerambitan.
Tidak ketinggalan juga Raja Puri Agung Kerambitan Ida Anglurah Kerambitan XII, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati yang tidak lain tokoh Puri Ubud, Gianyar, serta tokoh adat dan masyarakat setempat.
Dalam pelaksanaannya kali ini, Festival Kerambitan yang juga digelar untuk memeriahkan peringatan HUT Kota Tabanan Ke-524 ini mengambil tema Desa Mawa Cara. Dan, semangat yang diusung adalah menggali segala potensi, keunikan, dan kekhasan yang ada pada 15 desa dinas di Kecamatan Kerambitan.
Bupati dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Sanjaya mengatakan, selain untuk memeriahkan, Festival Kerambitan yang sudah tiga kali digelar memiliki semangat yang sama dengan perayaan HUT Kota Tabanan yakni pelestarian seni, budaya, dan kearifan lokal.
Hal tersebut juga dikarenakan tema utama peringatan HUT Kota Tabanan Ke-524 adalah Bhuana Kertih yang bermakna kesuburan semesta. Makna tersebut harus dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai sarana memakmurkan masyarakat dengan melibatkan semua komponen masyarakat, termasuk pemerintah di tingkat kecamatan.
“Sehingga momen peringatan HUT Kota Tabanan, termasuk Festival Kerambitan, ini diharapkan bisa menjadi sarana untuk menggali lebih jauh segala potensi yang dimiliki masing-masing kecamatan baik dari sisi budaya, sosial, dan ekonomi untuk kemakmuran masyarakat,” kata Bupati seperti dikutip Wakil Bupati Sanjaya.
Karena itu, sambung Wakil Bupati Sanjaya, pihaknya sangat mengapresiasi pelaksanaan Festival Kerambitan serta Pesta Rakyat yang berlangsung di kecamatan lainnya di Kabupaten Tabanan. Selain sebagai hiburan bagi masyarakat, kegiatan ini diharapkan bisa menjadi media pelestarian seni dan budaya serta upaya mengangkat potensi wilayah.
“Saya berharap semua komponen masyarakat Kerambitan dapat terus mendukung program-program pembangunan baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten sehingga dapat mewujudkan Tabanan Serasi,” tandasnya.
Festival ini akan berlangsung sampai dengan Minggu (22/10). Selama berlangsung, kegiatan ini akan diwarnai dengan berbagai aktivitas seni, budaya, olahraga. Semua kegiatan sebagian besar akan dipusatkan di Lapangan Kerambitan.
Aktivitas seni dan budaya akan mendominasi pelaksanaan kegiatan ini dengan diadakannya pementasan okokan dan tektekan, pengobatan sekala niskala, lomba tari Jauk Manis, lomba Mekendang Tunggal, Nguling massal, Dolanan, pementasan musik oleh Joni Agung & Double T, Dek Ulik, Anak Angin, dan beberapa kegiatan budaya lainnya. Sedangkan di bidang olahraga, festival ini akan diramaikan dengan USA Adventure 3.(tbn/r6)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net