Sekda Bangli Hadiri Bhakti Pepranian Di Pura Hulun Danu Batur Desa Pekraman Songan - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Senin, 16 Oktober 2017

Sekda Bangli Hadiri Bhakti Pepranian Di Pura Hulun Danu Batur Desa Pekraman Songan

Bangli,Balikini.Net - Rangkaian upacara pujawali ngusaba Purnamaning Sasih Kapat puncak karya pada Werespati Pon Wariga 5 oktober lalu.  Setelah nyejer selama 11 hari  diakhiri dengan upacara Penyineban Karya Ngusaba Kapat di Pura Hulun Danu Batur Desa Pekraman Songan digelar pada redite pon julungwangi (15/10/2017). Sebelum upacara penyineban dilakukan, terlebih dahulu dilaksanakan prosesi bakti pepranian diikuti ribuan krama yang tangkil untuk melakukan persembahyangan.Upacara penyeneban dihadiri oleh Sekda Bangli Ir. Ida Bagus Giri Putra bersama pimpinan OPD di lingkungan Pemkab. Bangli.
Menurut Manggala karya Jro Lanang mengatakan, upacara pesineban ini merupakan  berakhirnya dari seluruh rangkaian karya ngusaba Kapat di Pura Hulun Danu Batur Songan, Kintamani. Penyineban dilakukan setelah Ida Bhatara nyejer selama 11 hari yang dipuput oleh Ida Peranda Gede Putra Satmika dari griya Kediri Tegalalang Bangli"ujarnya
Dijelaskan prosesi penyineban diawali dengan ngaturang banten ayaban, ida betara ngeluur budal ke masing masing paryangan selanjutnya esok harinya dilaksanakan nuek bagia pula kerti,nganyut ke segara,selanjutnya mapewilangan dan ditutup dengan upacara maguru piduka"jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan juga karya ngusaba kali ini sudah menghabiskan biaya kurang lebih 500 juta yang bersumber dari punia dari masing-masing kabupaten di Bali, pengempon pura hulun danu songan, dari subak-subak,dan para donatur"ucapnya.

Sementara itu Sekda Bangli Ida Bagus Giri Putra dalam kesempatan itu pula berharap dengan pelaksanaan karya ini Ida Betara yang berstana di Pura Hulun Danu Batur ini memberikan pencerahan bagi kita semua sehingga masyarakat mendapatkan kesejahteraan lahir dan batin di jauhkan dari bencama alam yang belakangan ini sering terjadi serta mendoakan agar gunung agung yang berstatus awas tidak menimbulkan korban jiwa, tentunya itu harapan kita semua , ungkapnya.(ag/r7)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net