Status Gunung Agung Turun, Ratusan Jiwa Pengungsi Pulang Kampung - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Senin, 30 Oktober 2017

Status Gunung Agung Turun, Ratusan Jiwa Pengungsi Pulang Kampung

Bangli,Balini.Net-- Ratusan jiwa pengungsi Gunung Agung di Kabupaten Bangli akhirnya bisa kembali pulang ke kampung halamannya masing-masing, menyusul telah diturunkannya status Gunung Agung dari level awas ke level siaga pada Minggu (29/10) sore. Mereka mulai meninggalkan pos pengungsian secara bertahap sejak Senin ( 30/10) pagi.

Berdasarkan pantauan di Pos Pengungsian Kubu kemarin, sejumlah pengungsi asal Banjar Teges, Desa Pempatan, Rendang yang menempati posko pengungsian Bima tampak pulang secara berkelompok menggunakan mobil pick up. Mereka pulang dengan membawa serta

Menurut Bupati Bangli I Made Gianyar didampingi  Komandan Posko Komando Siaga Bencana Gunung Agung Kabupaten Bangli Letkol Cpn Andy Pranoto M.Sc  Senin (30/10) saat memantau persiapan para pengungsi yang akan pulang kampung mengatakan,dengan penurunan setatus ini patut disyukuri dan tetap siaga menerima warga pengungsi lagi jika gunung agung benar-benar meletus, karena sistem managemen sudah bagus,kalau ada apa-apa kan sudah jelas mau pergi kemana,kalau sebelumnya masih bingung untuk mencari tempat pengungsian,sehingga masyarakat Bangli secara suka cita saat mau menerima.Pihaknya selaku pimpinan di Bangli juga mengucapkan terimakasih atas kebaikan masyarakat Bangli yang sudah ikut membantu penanganan pengungsi di Bangli. Menurutnya upaya masyarakat Bangli selama ini sangat mencerminkan sila ke 2 dari Pancasila. “Ini bukti dari Pancasila masih mengakar di hati dan jiwa masyarakat Bangli.Bagi yang akan balik pulang ketempat asalnya  kami mengucapkan  selamat jalan diiringi doa semoga selalu berada disisi aman"ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan sebelumnya Jumlah pengungsi asal Karangasem yang ditampung disejumlah posko pengungsian di Kabupaten Bangli mencapai 11. 921 jiwa. Dari total jumlahtersebut, hasil penyisiran per 1 Oktober, sebanyak 4945 jiwa berasal dari zona merah (28 desa) dan 6976 jiwa dari zona aman.Adapun data yang akan pulang  sebanyak 126 KK dengan 514 jiwa,sedangkan di posko SKB Kayuambua sebanyak  69KK dengan 256 jiwa"jelasnya.[ag/r6]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net