sponsor

Breaking News

Bali Kini

Bali Nu Ada

Kabar Nasional

Kabar Internasional

Budaya

Technology

» » Pemkab Karangasem Gelar Sosialisasi Kampanye dan Introduksi Imunisasi JE

KARANGASEM-Balikini.Net - Upaya mencegah dampak dari penyakit Japanese Ensephalitis (JE) atau penyakit radang otak, Pemkab Karangasem melaksanakan Sosialisasi Kampanye dan Introduksi Imunisasi Japanese Encephalitis (JE), Kamis (8/2/2010).


Hadir dalam acara ini, Bupati Karangasem yang diwakili staf ahli bidang SDM dr. Priagung Duarsa, narasumber Kadis Kesehatan Kabupaten Karangasem dr. I Gusti Bagus Putra Pertama dan dr. Ida Bagus Mahendra, Sp.A. dari RSUD Kabupaten Karangasem. 


dr. Ida Bagus Mahendra, Sp.A. mengatakan,  seperti diketahui bahwa penyakit JE adalah suatu penyakit virus bersumber binatang. Virus ini ditularkan melalui nyamuk yang menggigit hewan dalam hal ini babi yang terinveksi virus JE. Bali termasuk daerah endemis  JE, dimana dari 43 kasus yang dilaporkan positif,  17 kasus terdapat di Bali. 


"Sampai saat ini belum ada obat untuk radang otak akibat virus JE. Obat yang ada pun hanya untuk mengurangi gejalanya. Namun virus JE dapat dikendalikam dengan pemberian imunisasi pada manusia di daerah endemis", jelasnya. 


Bupati Mas Sumatri dalam sambutannya yang dibacakan Priagung Duarsa menyampaikan,  salah satu upaya yang akan dilakukan dalam mencegah penyakit JE dengan pemberian imunisasi JE yang akan menjadi program imunisasi dasar dari pemerintah kepada bayi umur 10 bulan. Langkah awal sebelum menjadi imunisasi rutin adalah melakukan pemberian imunisasi secara massal atau kampanye imunisasi JE di Provinsi Bali. Dengan sosialisasi yang digelar saat ini,  diharapakan sektor dan pihak terkait bisa berpartisipasi menyebarluaskan informasi kepada masyarakat di Kabupaten Karangasem agar memahami pentingnya Imunisasi JE.


"Dalam mensukseskan pemberian imunisasi massal ini, Pemkab Karangasem mengajak sektor atau pihak terkait untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam kampanye imunisasi ini," imbuhnya. 


Kadis Kesehatan Kabupaten Karangasem Bagus Putra Pertama menambahkan,  kampanye imunisasi dijadwalkan pada bulan Maret-April tahun 2018 yang dibagi menjadi 2 Tahap Pelaksanaan yaitu Bulan Maret dilaksanakan di PAUD, TK, SD, SMP Se- Provinsi Bali sedangkan Bulan April di Posyandu, Pustu, Puskesmas, Rumah Sakit dan Pos Pelayanan Imunisasi JE. 

Yang menjadi sasaran dalam pemberian imunsasi ini adalah anak pada usia 9 Bulan s/d usia kurang dari 15 Tahun. Untuk Kabupaten Karangasem ditargetkan sebanyak 109.064 orang yang akan mendapat imunisasi JE. [krs/r3]

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net