sponsor

Breaking News

Bali Kini

Bali Nu Ada

Kabar Nasional

Kabar Internasional

Budaya

Technology

» » Bupati Hadiri Perlombaan Kelurahan Tingkat Provinsi Bali Tahun 2018

Karangasem,Balikini.Net - Kelurahan Subagan terpilih mewakili Kabupaten Karangasem dalam Penilaian Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Bali Tahun 2018 yang berlangsung di Banjar Adat Gede,  Lingkungan Gede pada hari Kamis, (12/4).

Lurah Subagan I Putu Agus Sumahendra dalam laporannya Menyampaikan bahwa sangat bahagia sekali bisa  mengikuti kegiatan yang luar biasa ini berturut-turut sebanyak 4 kali,  dimana 2 kali mengikuti Subagan,  Tahun 2017 kemarin,  mewakili padangkerta dan Tahun ini kembali untuk mewakili subagan. Saya paham betul bahwasanya ini bukan hanya sekedar lomba semata-mata meraih juara melainkan memiliki makna yang jauh lebih besar didalamnya. Sehingga benar-benar bisa menciptakan  ujung tombak terbawah Pemerintah terdepan yang baik, itu semua tercermin dari setiap kegiatan yang saya lalui terus terjadi perubahan dan pembenahan untuk mendapatkan output dan income yang baik. Dan tentu kita kita ketahui bersama yang seyogyanya kegiatan yang baik ini dilaksanakan pada biasanya Bulan Juni harus maju ke Bulan April,  karena kita ketahui bersama Bali akan menyongsong Ivent tahunan yaitu pesta demokrasi rakyat. 

Walaupun waktu yang ada terasa berkurang tidak menurunkan semangat kami yang selalu didukung oleh Ibu Bupati Karangasem serta bapak Gusti Made Tusan, Tokoh Masyarakat,  Tokoh Perempuan,  Tokoh Pemuda dan Masyarakat kelurahan yang hadir pada hari ini dan yang sangat penting adalah jiwa gotong royong dari Tim Pendamping Kelurahan yang luar biasa yang sudah bisa melaksanakan tugas dengan baik. Dimana semua lingkungan ini memiliki ciri dan potensinya masing-masing sesuai dengan visi misi Ibu Bupati yaitu MEMBERDAYAKAN SUMBER DAYA LOKAL MEMALUI NAWASATYA PEMERINTAH KABUPATEN KARANGASEM yang barang tentunya bersinergi dengan program Bali Mandara dan Nawacita bapak Presiden yaitumembangun dari pinggiran dengan mengelola potensi desa sehingga membangun Indonesia,  dan tentu dengan tetap memegang teguh konsep pemberdayaan ini tidak jauh dari ajaran Trihita Karana, Kelurahan Subagan dengan tingkat kepadatan penduduk pada tahun 2017 mencapai 19.360 jiwa.

Terkait dengan potensi laut dan garis pantai yang berada dilingkungan Jasri Kelod Desa Pakraman Jasri merupakan potensi luar biasa bagi kami. Diujung pesisir timur yang nota bene terkenal dengan bumi lain-lainya yang kering memiliki potensi laut atau pantai menjqri potensi dan anugrah yang luar biasa,  bahkan disamping bisa dinikmati alamnya bisa juga dipergunakan sebagai lokasi surfing. Dapat kami sampaikan pula Kelurahan Subagan memiliki Desa "Wisata Jasri Bahkan sudah mencapai juara satu tingkat Nasional Tahun 2013. 

Sementara itu, dalam sambutan Bupati Perlombaan Kelurahan yang sekarang dilaksanakan merupakan evaluasi kinerja Manajemen tata kelola Pemerintahan Kelurahan guna mendorong dan menumbuhkembangkan rasa kebersamaan dan semangat gotong royong 
khususnya di Kelurahan Subagan. 

Pembangunan secara bertahap dalam rangka mewujudkan Karangasem yang lebih baik dimasa mendatang melalui pengurangan Rumah Tangga Miskin dan pemerataan pembangunan yang 
berpihak kepada masyarakat kurang mampu, memfasilitasi masyarakat dalam berbagai 
pelayanan kebutuhan dasar guna mendukung mencapaian Visi Kabupaten Karangasem yaitu “CERDAS, BERSIH DAN BERMARTABAT BERLANDASKAN TRI HITA KARANA”, Melaui evaluasi perkembangan kelurahan ini, kita bisa mengukur sudah sejarah mana kinerja dan profesionalitas kita dalam melayani masyarakat. Saya harapkan nantinya ke depan agar dalam pelaksanaan manajemen pemerintahan baik tata kelola pemerintahan maupun pelaksanaan pembangunan senantiasa memperhatikan peraturan perundang-undangan yang ada serta mengutamakan mekanisme partisipasi dan demokratis dalam pengambilan suatu keputusan, sehingga pembangunan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat bisa diimplementasikan secara 
baik. 

Kepada Kelurahan Subagan yang telah dipercaya untuk mewakili Perlombaan Kelurahan Tingkat Provinsi Bali Tahun 2018, melalui kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih dan semoga melalui kegiatan Perlombaan Kelurahan yang kita laksanakan ini akan mampu membangkitkan kesadaran seluruh komponen masyarakat Kabupaten Karangasem untuk menyongsong dan mewujudkan karangasem yang Cerdas,  Bersih dan Bermartabat Berlandaskan Tri Hita Karana.

Selanjutnya, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Bali Ir. Ketut Lihadnyana, M.MA yang dibacakan oleh made redi juliarmawan mengatakan berharap melalui perlombaan kelurahan ini, dapat memberikan motivasi dan sekaligus memberikan sumbangan yang nyata bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat seperti Semboyan Kabupaten Karangasem. Perlombaan Kelurahan yang kita lakukan setiap tahun, merupakan salah satu instrumen dalam mengevaluasi keberhasilan pembangunan dan sekaligus sebagai tolok ukur atas capaian program dalam pembangunan Kelurahan. 

untuk menilai keberhasilan pembangunan Desa dan Kelurahan, perlu dilakukan evaluasi secara terarah, terpadu, terkoordinasi dan berkelanjutan yang diselenggarakan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten kota, provinsi dan ditingkat regional. Tujuan perlombaan Kelurahan sesungguhnya untuk mengevaluasi tingkat perkembangan masyarakat, mendorong penguatan peran lembaga pemerintahan dan kemasyarakatan, memberi penghargaan dan apresiasi kepada masyarakat kelurahan atas prestasi yang telah diraih dalam proses pemerintahan dan partisipasi dalam pembangunan serta inovasiinovasi yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

pembangunan bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar,  pembangunan sarana dan prasarana,  pengembangan potensi ekonomi lokal,  serta pemamfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan.[krs/r3]

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net