sponsor

Breaking News

Bali Kini

Bali Nu Ada

Kabar Nasional

Kabar Internasional

Budaya

Technology

» » Seniman Denpasar Raih Penghargaan Seni Dari UNJ

Denpasar,balikini.net  – Salah satu seniman terbaik Kota Denpasar, Nyoman Suarsa S.sn atau yang akrab disapa Yang Pung  kembali  membuktikan besarnya apresiasi publik terhadap dedikasinya terhadap perkembangan seni budaya. Hal ini dibuktikan dengan pengargaan di bidang pendidikan seni yang diterimanya oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang diserahkan bertepatan pada Hari Pendidikan Nasional (2/5) lalu.

Penghargaan yang diterima oleh Yang Pung inipun sangat diapresiasi oleh Plt. Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara. “Ucapan selamat saya sampaikan mewakili Pemerintah Kota Denpasar, atas pencapaian yang telah didapatkan seniman terbaik kita yakni Nyoman Suarsa (Yang Pung) yang menerima penghargaan seni bidang pendidikan seni dari Universitas Negeri Jakarta,” ujar Jaya Negara saat menerima Nyoman Suarsa (Yang Pung) di ruang kerjanya, Kantor Walikota Denpasar senin (7/5).

Kendati demikian, Seniman asal Banjar Wangaya Klod ini dihari yang sama juga diterima Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara didampingi Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, IGN. Bagus Mataram, Plt. Kabag Humas Setda Kota Denpasar, I.B Mayun Suryawangsa serta Kabag Kesra Setda Kota Denpasar, Raka Purwantara.

Lebih lanjut disampaikan Jaya Negara, nafas dari Kota Denpasar merupakan seni dan budaya yang saling membingkai dan mendukung disetiap denyut masyarakat Kota Denpasar. Namun perlu diingat juga bahwa kebudayaan tak hanya berkutat pada seni saja, namun seni tersebut merupakan salah satu ornamen kebudayaan yang mendukung visi misi Kota Denpasar berlandaskan kebudayaan. Penghargaan kepada seniman Kota Denpasar dari Universitas Negeri Jakarta ini menunjukan betapa tingginya apresiasi publik nasional kepada hasil pengembangan seni budaya khususnya di Kota Denpasar.

“Penghargaan ini hendaknya juga dijadikan momentum bagi Dinas Kebudayaan apalagi penghargaan ini merupakan penghargaan seni yag sinergis dengan pendidikan sehingga terjadi kesinambungan yang adapt dijadikan acuan dalam penegmbangan seni budaya di Kota Denpasar nantinya” tutup Rai Iswara.

Sementara, Nyoman Suarsa S.sn sendiri saat ditemui usai bertatap muka dengan Sekda Kota Denpasar dan Plt. Walikota Denpasar mengatakan setiap tahunnya pihak UNJ mencari tokoh – tokoh yang konsisten di bidang masing- masing, salah satunya dibidang seni. Mengenai proses penghargaan ini diawali dengan pihak saya mengirimkan dokumentasi baik penghargaan dan rekaman karya mengenai kiprah saya dalam bdang seni budaya. Selain saya terpilih juga Prof. Dibya dari daerah Bali karena dipilih masing- masing dua perwakilan dari setiap daerah. “Pendidikan terutama seni budaya di Kota Denpasar harus tetap bergerak dan tidak boleh statis. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berkarya memebrikan sumbangsih terhadap penegmbangan seni budaya di Kota Denpasar,” ungkap Nyoman Suarsa.

Ditanya mengenai perkembangan seni budaya di Kota Denpasar, Yang Pung merasa optimis terkait eksistensi pengembangan seni budaya di Kota Denpasar. “Ini dibuktikan dengan komitmen Pemerintah Kota Denpasar dengan banyaknya memberikan ruang bagi sneiman untuk berkespresi dan menunjukkan karyanya,” tutup Yang Pung. (Esa/r4)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net