Beri Pemahaman, Hindari Berita Hoax - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Selasa, 24 Juli 2018

Beri Pemahaman, Hindari Berita Hoax

Diskominfo Badung Sosialisasi Media Teknologi Informasi di SMAN 1 Abiansemal

Mangupura,Balikini.Net - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Badung menggelar Sosialisasi Media Teknologi Informasi Tahap III di SMA Negeri 1 Abiansemal, Selasa (24/7).  Kegiatan ini dihadiri Kepala Diskominfo Badung I Wayan Weda Dharmaja didampingi perwakilan dari UPT Pendidikan Provinsi Bali, Disdikpora Kabupaten Badung, Camat  Abiansemal, Kepala Sekolah dan para Narasumber dari Humas Polres Badung dan Stikom Bali.
Ketua Panitia A. A. Ratu Rat Manacika yang juga Kabid Pengelola Komonikasi Publik Diskominfo Kabupaten Badung melaporkan, maksud dan tujuan diadakan kegiatan Literasi Media Teknologi Informasi yaitu membantu netizen atau masyarakat khususnya para siswa agar memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang isi Literasi Media. Selain itu untuk membuat penilaian terhadap konten media berdasarkan pengetahuan dan pemahaman terhadap media seperti media TV, Radio, Film, Koran, Majalah dan Media Internet/Media Online, supaya masyarakat/siswa lebih cerdas, peka dan kritis memahami fenomena pemberitaan media saat ini. Peserta sosialisasi diikuti 40 siswa SMA Negeri 1 Abiansemal dengan Narasumber dari Stikom Bali dengan Materi Cara Mudah Aman Berinteraktif dan dari Humas Polres Badung dengan materi Internet Produktif dan Anti Hoax.

Kadis Kominfo I Wayan Weda Dharmaja menyampaikan, Literasi Media Teknologi Informasi ini perlu disebarluaskan bukan hanya kepada anak - anak sekolah, namun juga bagi masyarakat luas yang menggunakan media sosial. "Saat ini memang kelihatannya gampang, enteng dan mudah, tetapi dalam membentuk karakter seperti karakter individu, kelompok, sosial masyarakat ini akan membentuk karakter media sosial dan ini akan lebih tajam dari sebilah pedang kalau kita salah menggunakannya, seperti  kita salah menggunakan media sosial akan jauh lebih luas dampaknya. Oleh sebab itu Literasi Media itu sangat penting seperti Topiknya " Bagaiamana Menggunakan Media Sosial Dengan Pinter," jelasnya. Media sosial sangat terbuka, apapun yang kita cari ada, tetapi diimbau untuk Anak- anak sekolah, Siswa maupun masyarakat menggunakan media sosial ini dengan benar dan cari sumbernya yang benar- benar agar tidak masuk ke berita Hoax. Bila sudah benar kita juga harus mencari dan pilah lagi mana yang cocok untuk kita sendiri seperti siswa cari berita pelajaran yang cocok untuk kita pelajari dan pahami. Di Pemerintah Kabupaten Badung sudah diterapkan salah satunya Kinerja Pegawai dengan sistem e-kinerja dan produknya aplikasi dari Kominfo, sudah hampir 95% selesai absensi Onlinenya dan sekarang juga sudah sedang berkembang. Saat ini juga sudah berjalan pemasangan Wifi gratis.
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Abiansemal I Made Kupasada mengapresiasi sekali dan mengucapkan terimakasih atas diselenggarakannya kegiatan sosialisasi literasi Teknologi Imformasi ini. Selaku pimpinan di SMAN 1 Abiansemal, ia sudah sering memberikan pengarahan kepada seluruh siswa anak- anak dan mengingatkan agar setiap menggunakan media sosial agar menggunakannya dengan baik dan benar agar tidak terpengaruh dengan berita- berita hoax, apalagi pada usia berkembang tingkat emosi anak- anak ini dalam keadaan labil dan mudah terpengaruh dengan berita- berita yang tidak jelas. "Kami selalu menyarankan untuk selalu konsultasi sama teman maupun kepada kami selaku orang tua di lingkungan sekolah ini," ungkapnya.
Sekolah SMA ini memiliki 51 Ekstra dan Karya Ilmiah Remaja yang sering mendapatkan Juara di Tingkat Provinsi. Mudah- mudahan dengan adanya kegiatan ini lebih memfokus dan kemampuan anak- anak lebih meningkat.[bdg/r5]





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net