Karya “Ngeteg Linggih” Pura Dalem Setra Lan Pura Parjapati Banjarangkan - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Kamis, 23 Agustus 2018

Karya “Ngeteg Linggih” Pura Dalem Setra Lan Pura Parjapati Banjarangkan

Klungkung,Balikini.Net - Krama Desa Pakraman Banjarangkan, Klungkung Menggelar Karya Tawur Balik Sumpah Agung, Mupuk Pedagingan, Ngenteg Linggih Lan Nyenuk, Mekebat Daun Nangun Ayu Pura Dalem Setra dan Pura Prajapati Desa Pakraman Banjarangkan, Klungkung. Pada Kesempatan tersebut Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta serta undangan lainnya hadir memenuhi undangan krama Desa setempat. Kehadiran Bupati Suwirta beserta undangan lainnya pun disambut hangat para prajuru adat, tokoh masyarakat dan krama Desa Pakraman Banjarangkan, Kamis (23/8/2018).

Pemucuk Karya AA Gede Dharma Putra menuturkan,  tujuan dari pelaksanaan  upacara karya ini untuk mensucikan kembali pelinggih-pelinggih yang ada dipura Dalem Setra dan Pura Prajepati, sehingga ketentraman dan kerahayuan  yang berlandaskan konsep Tri Hita Karana agar tetap terjaga. Ia menambahkan total dana yang digunakan dalam pelaksanaan upacara suci ini sekitar 1 Milyar lebih, dimana dana tersebut berasal dari iuran wajib krama Desa Pakraman Banjarangkan yang berjumlah 965 KK, dari empat Banjar Adat diantaranya Banjar Selat, Banjar Nesa, Banjar Pagutan dan Banjar Koripan Kangin yang berada di wilayah Desa Pakaraman Banjarangkan. “Upacara karya agung ini yakni untuk menyucikan kembali pelinggih-pelinggih yang ada di pura Dalem Setra dan Pura Prajapati Desa Pakraman Banjarangkan,” Ujarnya. 

AA Gede Dharma Putra yang juga selaku Bendesa Adat Desa Pakraman Banjarangkan ini juga mambahkan, Prosesi karya dimulai sejak, Minggu (6/5/2018) yang diawali dengan upacara matur piuning, kemudian Kamis (23/08/2018) dilaksanakan upacara Tawur Balik Sumpah dan Mupuk Pedagingan.  Puncak karya akan berlangsung pada Selasa, (28/08) mendatang yang akan dipuput oleh delapan Sulinggih. Dilanjutkan dengan pelaksanaan upacara nganyarin dan seluruh rangkaian karya ditutup dengan prosesi meajar ajar pada Selasa (11/09/2018) mendatang.

Sementara itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang diampingi Wabup Made Kasta menyempatkan diri bertatap muka dan berbincang bincang dengan para Krama desa pakraman Banjarangkan. Bupati Suwirta menyampaikan melalui upacara Karya Agung ini akan dapat meningkatkan dan mempererat rasa kekeluargan dan semangat bergotong-royong untuk menjaga keharmonisan alam sekala dan niskala, memupuk etika dan keharmonisan hubungan antara manusia dengan alam, manusia dengan manusia dan manausia dengan Tuhan, "Laksanakan seluruh rangkaian upacara dengan hati tulus iklas, semoga seluruh rangkaian upacara dapat dilaksanakan dengan lancar serta diberikan anugrah, kekuatan, kesehatan dan keselamatan terhadap alam beserta isinya," ujar Bupati Nyoman Suwirta.

Bupati Asal Nusa Ceningan juga berpesan, “kepada semua umat dengan berbagai kejadian di alam ini, apa yang dilakukan oleh Desa Pekraman Banjarangkan memberikan aura positif agar alam ini selalu terjaga dengan baik." imbuh Bupati Suwirta. (opan/r4)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net