Kirab Arca dan Seijit “Kwan Sing Tee Koen” - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Minggu, 05 Agustus 2018

Kirab Arca dan Seijit “Kwan Sing Tee Koen”

Klungkung,Balikini.Net - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta menghadiri Kirab Arca “Kwan Sing Tee Koen” bertempat di Wihara Dharma Ratna Klungkung pada Sabtu (4/8).

Ketua Panitia Sosan Mulyono dalam laporannya mengatakan Kirab Budaya ini mengambil tema Memaknai Kebhinekaan Memperkokoh Toleransi dan Kerukunan dalam Wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kirab Budaya ini memiliki makna yakni, Sebagai bhakti Suci serta penghormatan yang tulus didalam mengenang serta memuliakan ajaran kebenaran, memohon keselamatan, kerahayuan, tuntunan dan sinar terang, memperteguh kepercayaan dan keyakinan umat se-dharma, menumbuhkan semangat toleransi dan kerukunan umat beragama, mempererat silahturahmi Tri Kerukunan umat beragama, serta sebagai bentuk pelestarian Kebudayaan dalam bingkai ke-Bhinekaan.

Rute yang ditempuh dalam Kirab Budaya ini antara lain, dari Wihara Dhama Ratna kearah utara menuju pertigaan Desa Besang, kearah selatan menuju Jalan Gajah Mada, dilanjutkan kearah timur menuju jalan Gunung Batur kemudian kearah selatan menuju Gunung Rinjani, dari Gunung Rinjani Lurus menuju Perempatan Kusamba, dari perempatan lurus menuju arah barat menuju ke Simpang Lima, Kemudian dari simpang Lima menuju kearah utara yang finishnya di Wihara Dharma Ratna. Jarak yang Ditempuh Kurang lebih 4 km.

Adapun kegiatan yang sudah dilakukan terkait Kirab Budaya ini antara lain, Penurunan Barong Sai Sakral untuk diikutkan dalam Kirab Budaya ini, dan pada tengah malam nanti akan diadakan upacara kebesaran dalam memaknai Kirab Budaya ini, dan pada tanggal 6 Agustus akan diadakan upacara penutupan pada saat menjelang tengah malam, dalam rangkaian persembahyangan akan ditambahkan beberapa hiburan untuk menyemarakkan Kirab budaya ini. Dalam pelaksanaan acara kirab ini panitia mengkolaborasikan kegiatan dengan kebudayaan umat beragama lainnya yang terdapat di Kabupaten Klungkung.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya menyampaikan sekecil apapun komitmen dari umat sedharma untuk menjaga perdamaian kesucian dan kerukunan, merupakan modal besar untuk membangun sebuah bangsa. Bupati Suwirta mengharapkan Kirab yang dilakukan pada hari ini, tidak hanya sekedar kirab, tetapi dapat dimaknai kesuciannya, dan kepada peserta kirab, Bupati Suwirta berharap agar kirab dapat dilaksanakan dengan tertib dan khusyuk karena menggunakan jalan raya, sehingga umat beragama lain yang dilalui dalam kirab ini dapat merasakan aura kirab yang dilaksanakan pada hari ini. 

Bupati Suwirta juga mengharapkan Kedepan pada saat ada acara seperti ini, agar dapat dikolaborasikan dengan kebudayaan agama lain, sehingga kerukunan umat dan kbhinekaan kita akan semakin bisa disempurnakan.

“Yang terpenting bagaimana komitmen yang dimiliki semua umat yang ada di Kabupaten Klungkung dalam menciptakan kebersamaan dan kedamaian antar umat beragama di Kabupaten Klungkung”, ujar Bupati Suwirta. 

Dalam Acara Kirab Budaya dilaksanakan Penurunan Kirab Arca “Kwan Sing Tee Koen”, Bupati Suwirta didampingi Perwakilan Puri Klungkung Tjokorda Raka Putra memukul Tambur, sebagai tanda pelepasan keberangkatan Barisan Kirab Budaya. Turut Hadir dalam Acara Tersebut  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klungkung Ida Bagus Made Oka Yusa Manuaba SH,M.Si, Dan Ketua Yayasan Vihara Dharma Ratna Cahaya Wirahadi, Undangan terkait lainnya. (cok/r4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net