Rai Mantra Dukung SMP PGRI 5 Denpasar Pada Lomba PKTP Tingkat Provinsi - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Senin, 01 Oktober 2018

Rai Mantra Dukung SMP PGRI 5 Denpasar Pada Lomba PKTP Tingkat Provinsi

Berharap Generasi Muda Tingkatkan Pemahaman Kanker Sejak Dini

Denpasar,Balikini.Net - SMP PGRI 5 Denpasar dipercaya menjadi duta Kota Denpasar dalam lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) tingkat provinsi Bali. Sebelum Tim Penilai Provinsi melakukan penilaian jajaran guru dan kepala sekolah mohon doa restu kepada Walikota IB Rai Dharmawijaya agar pelaksanaan lomba berjalan lancar. Rombongan yang dipimpin Kepala Sekolah Menengah Pertama PGRI 5 Denpasar Wayan Wirasa diterima langsung Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra di Kantor Walikota Denpasar Senin (1/10.

Untuk memaksimalkan keikutsertaan dalam lomba, Wayan Wirasa mengaku telah membentuk 12 bidang pelaksanaan yang memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Adapun pembagian bidangnya diantaranya bidang hasil yang dicapai, bidang administrasi, bidang pelajar peduli kanker, bidang penyuluhan, bidang perlombaan, bidang simulasi, bidang paduan suara, bidang jamu dan makan sehat, bidang toga, bidang kebersihan lingkungan, bidang madding dan bidang kantin kesehatan.

Dari berbagai inovasi tersebut kembali dikembangkan oleh Tim PKTP SMP PGRI 5 Denpasar diantaranya pelaksanaan adalah “One Class One Product” dengan membuat satu stan khusus tentang berbagai olahan dari tanaman toga di sekolah. Pengelolaan tanaman sereh menjadi ekstra minyak asiri, pembuatan poster 3 dimensi tentang kanker. Pembuatan leflet dan spanduk tentang bahaya kanker, ulangan umum bersama dengan menggunakan materi PKTP, pembuatan selayang pandang, pembuatan spanduk dan stiker dengan motto ”Lisa”, pembuatan MoU antara Kepala Sekolah dengan dagang di lingkungan SMP PGRI 5 Denpasar, pemilahan sampah, pelaksanaan penyuluhan keluar Kota Denpasar, pembuatan film pendek tentang kanker  dan melaksanakan penyuluhan melalui sosial media dalam bentuk instragram. ”Dengan menjadi Duta Kota Denpasar kami inginkan Denpasar menampilkan terbaik untuk Kota Denpasar. Maka kedatangan kami memohon doa restu dan arahan Walikota Denpasar agar kekurangan yang telah disampaikan bisa dilengkapi,’’ ujarnya.

Dalam lomba ini pihaknya optimis untuk menang, karena salah satu syarat telah bisa dipenuhi. “Salah satu syarat telah kami bisa penuhi adalah dengan menyiapkan lebih dari 60 tanaman obat,’’ ungkapnya.

Sementara Itu Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra mengucapkan selamat kepada SMP PGRI 5 Denpasar atas terpilihnya menjadi Duta Kota Denpasar dalam lomba PKTP tingkat provinsi Bali. Menurutnya dengan mengikuti lomba ini anak anak dapat meningkatkan pemahaman bahaya kanker. Sehingga secara otomatis mereka akan semakin siaga. Tidak hanya itu lomba itu juga sangat bagus karena berbagai jenis tanaman bisa dijadikan obat.

Dari inovasi yang dikembangkan khusus dalam penanganan sampah Rai Mantra menyarankan agar setiap anak memiliki tabungan bank sampah.  Dengan cara tersebut setiap anak akan mengumpulkan sampah di lingkungan rumahnya masing-masing lalu dijual ke bank sampah terdekat.

Kalau memungkinkan pihak sekolah bisa mengkoordinir, caranya adalah kerjasama dengan salah satu bank sampah. Selain itu sampah yang ada di sekolah juga bisa dikumpulkan setiap kelas dan dijual ke bank sampah. ‘’Dengan cara tersebut maka masalah sampah plastik bisa diatasi secara langsung dari sumbernya yakni sampah rumah tangga itu sendiri. Jika bisa menerapkan permasalahan sampah itu saya yakin inovasi tersebut menjadi inovasi nasional, karena di Indonesia belum ada,’’ ujarnya. (ayu/r4)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net