-->

Minggu, 26 Agustus 2018

Bupati Membuka Festival Pesona Tirtagangga 2018

Bupati Membuka Festival Pesona Tirtagangga 2018

Karangasem.Balikini.Net - Bupati didampingi Wakil Bupati beserta Ibu,  Sekda beserta Ibu, Forkopimda dan Kepala OPD lainnya membukaan Festival Pesona Tirtagangga ditandai dengan Parade Budaya dengan iringan Seeka Gong Desa Ababi di ikuti Tari Pendet dan adapun tarian lain seperti Tari Panyembrahma dan Tari Baris Tunggal,  yang dihadiri juga dari Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali. 

 Kepala Dinas Pariwisata Karangasem mengatakan dalam laporannya Festival Pesona Tirtagangga merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Karangasem melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem. Pada tahun 2018, Festival Pesona Tirtagangga dilaksanakan atas dukungan Dinas Pariwisata Provinsi Bali, atas dukungan masyarakat Desa Ababi dan sekitarnya, serta difasilitasi oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem selaku leading sektor pelaksanaan kegiatan Event-event promosi pariwisata, Event ini dikemas dalam bentuk pesta rakyat yang menampilkan potensi Desa Ababi dan sekitarnya, termasuk potensi Kecamatan Abang. Aktivitas lainnya yang ditampilkan adalah kegiatan edukatif yang melibatkan para siswa se-Kecamatan Abang berupa kegiatan yang menggugah rasa cinta pada kesenian dan budaya daerah, Event ini diberi tajuk Festival Pesona Tirtagangga 2018. 

Kabupaten Karangasem memiliki kekayaan  peninggalan sejarah dan budaya yang adiluhung, salah satunya Taman Tirtagangga kekayaan adat dan budaya daerah yang memperkaya keragaman adat dan budaya nasional perlu untuk dilestarikan 
Kecamatan Abang sebagai lokasi Taman Tirtagangga memiliki banyak potensi yang harus diperkenalkan dan dipasarkan secara luas untuk kesejahteraan masyarakat, melalui kegiatan pameran potensi Kecamatan Abang. Membangkitkan wawasan wisata dan cinta budaya yang adiluhung, mengingatkan kembali tirtagangga sebagai daerah tujuan wisata peninggalan sejarah yang sarat kekayaan budaya yang adiluhung, meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar taman tirtagangga, serta Kecamatan Abang dan pada umumnya, meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan ke kabupaten karangasem, khususnya ke Taman Tirtagangga, memperkenalkan potensi kecamatan abang sebagai wilayah berkembang di kabupaten karangasem yang kaya dengan berbagai hasil alam dan kerajinan 

Event ini dikemas dalam bentuk pesta rakyat dan melibatkan masyarakat Kubu dalam pameran potensi Kecamatan Abang, kuliner tradisional, parade kesenian, lomba edukatif, pameran foto, cooking demo, dan workshop. Event ini merupakan salah satu upaya recovery pariwisata Kabupaten Karangasem pasca aktivitas Gunung Agung dan bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Karangasem, khususnya ke Tirtagangga dan diharapkan berdampak pada kesejahteraan masyarakat sekitar kegiatan pada khususnya dan masyarakat Kabupaten Karangasem pada umumnya. Atas dukungan Dinas Pariwisata Provinsi Bali, atas dukungan masyarakat Desa Ababi dan sekitarnya, serta difasilitasi oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem selaku leading sektor pelaksanaan kegiatan Event-event promosi pariwisata. Pada kegiatan Kabupaten, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA SKPD) Tahun Anggaran 2018 Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem, melalui Kegiatan Event-event Promosi Pariwisata dengan nomor rekening 3.02.3.02.01.15.10. 

Event ini dilaksanakan pada tanggal 24 s.d 26 Agustus 2018, dengan pusat event dilaksanakan di Taman Tirtagangga. Pembukaan event ini akan dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2018, pada pukul 16.00 di Taman Tirtagangga, Penutupan event ini akan dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2018, pada pukul 18.00 di Taman Tirtagangga, dengan agenda penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba. Pembiayaan Festival Pesona Tirtagangga 2018 disupport oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bali melalui dana Dekon dan didukung melalui APBD yang tercantum dalam DPA SKPD Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem. Kegiatan ini juga didukung oleh BPC PHRI Karangasem serta masyarakat Ababi dan sekitarnya.


Bupati Karangasem dalam sambutannya mengatakan Sebagaimana Kita ketahui bersama bahwa Kabupaten Karangasem merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Bali yang menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu andalan dalam kegiatan pembangunannya. Pariwisata Kabupaten Karangasem mulai berkembang dan dikenal pada tahun 1980-an, yang saat ini mulai munculnya banyak potensi wisata baru. Berbagai potensi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan nusantara maupun manca negara untuk datang dan menikmati surga tersembunyi di Bali Timur ini.
Kekayaan budaya menjadi salah satu potensi yang menarik yang ditawarkan Kabupaten Karangasem kepada wisatawan dengan menampilkan berbagai keunikan kesenian, warisan budaya, dan peninggalan sejarah yang tidak dimiliki daerah lain.
Salah satu kekayaan warisan sejarah dan budaya yang dimiliki Kabupaten Karangasem adalah Taman Tirtaganga. 

Taman Tirtagangga terletak di Desa Ababi, Kecamatan Abang, yang dibangun pada tahun 1948 oleh Raja Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem.
Sebelum dibangun, taman ini merupakan tempat mata air besar. Dimana dari mata air ini kemudian Raja Karangasem mendapat ide untuk membangun sebuah taman, yang kemudian diberi nama Taman Tirtagangga. Tirta artinya air yang diberkati, dan Gangga merupakan nama sebuah sungai suci di India.Di masa kini Taman Tirtagangga berfungsi secara religius, sosial dan juga sebagai sarana hiburan dan rekreasi. Salah satu upaya pemerintah Kabupaten Karangasem untuk menarik kunjungan wisatawan adalah dengan melaksanakan berbagai event promosi pariwisata. Event-event yang dilaksanakan tersebut melibatkan seluruh komponen masyarakat dan pelaku pariwisata di Kabupaten Karangasem untuk menumbuhkan kecintaan dan rasa memiliki masyarakat terhadap Kabupaten Karangasem, untuk turut bersama-sama membangun kepariwisataan Kabupaten Karangasem. Saat ini event yang dilaksanakan adalah Festival Pesona Tirtagangga yang mengambil tempat di Taman TIrtagangga yang berada di wilayah Desa Ababi dan Kecamatan Abang.

Event ini dilaksanakan atas dukungan Dinas Pariwisata Provinsi Bali, atas dukungan masyarakat Desa Ababi dan sekitarnya, serta difasilitasi oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem selaku leading sektor pelaksanaan kegiatan Event-event promosi pariwisata dan juga atas dukungan instansi dan seluruh OPD di Kabupaten Karangasem, serta tentunya atas partisipasi seluruh masyarakat Kabupaten Karangasem pada umumnya dan masyarakat Kecamatan Abang pada khususnya. Untuk itu, atas nama pemerintah Kabupaten Karangasem, kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh komponen yang terlibat dalam event ini.Taman Tirtagangga terletak di Kecamatan Abang. Daerah yang dikenal memiliki berbagai potensi yang tidak kalah dengan wilayah lainnya. Pada event ini, berbagai potensi tersebut ditampilkan pada pameran UMKM dan kuliner Kecamatan Abang. Melalui event ini, diharapkan berbagai potensi tersebut dapat dikenal luas dan nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali A.A. Gede Yuniartha Putra dalam sambutannya mengatakan pada event Festival Pesona Tirtagangga ini juga ditampilkan pameran foto hasil tangkapan lensa beberapa fotografer asal Karangasem.  
Untuk itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Karangasem, saya mengucapkan terima kasih atas partisipasi para fotografer Karangasem dalam Festival Pesona Tirtagangga 2018. Akhir kata kami mengucapkan selamat datang kepada tim dari Dinas Pariwisata Provinsi Bali. Atas nama Pemerintah Kabupaten Karangasem, sekali lagi kami mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Pariwisata Provinsi Bali kepada Kabupaten Karangasem dalam upaya untuk mengembangkan wisata budaya di wilayah Kabupaten Karangasem. Kiranya event ini dapat menjadi event tahunan dan kiranya upaya-upaya kita ini membawa dampak nyata bagi kesejahteraan masyarakat untuk menciptakan Karangasem. 

karena kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini akan sangat penting sebagai momentum spesial untuk memulihkan pariwisata Kabupaten Karangasem selepas erupsi Gunung Agung dan untuk mendukung pelaksanaan Wonderful Indonesia (Pesona Indonesia) dan pengembangan 
kepariwisataan yang terpadu dan berkelanjutan yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat dan meningkatkan PAD dari sektor pariwisata. 

Karangasem memiliki peninggalan sejarah yang agung salah satunya yaitu Taman Tirta Gangga yang hanya berjarak 5 km dari kota Amlapura. Taman Tirta Gangga sendiri dibangun pada tahun 1948 oleh Raja Karangasem Anak Agung Ngurah Karangasem. Pembangunan taman dilakukan 
karena areal taman memiliki sumber mata air yang cukup besar sehingga Anak Agung Ngurah Karangasem memilik ide untuk membangun taman Tirta Gangga. 

Tirta Gangga, berasal dari kata Tirta yang berarti air yang diberkati, dan Gangga, sebuah sungai suci di india. Taman ini pun kini tak hanya berkembang sebagai pusat rekreasi, tetapi juga sebagai tempat ibadah dan sosial. Pesona taman Tirta Gangga dan wisata lainnya di kecamatan Abang akan menjadi salah satu daya tarik yang akan ditonjolkan dalam Festival Pesona Tirta Gangga 2018. Karangasem dikenal dengan kekayaan budaya, keunikan keseniannya dan peninggalan Raja yang tidak dimiliki oleh. Kabupaten lain di Bali. ini adalah salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Karangasem untuk meningkatkan kunjungan Wisatawan ke Bumi Lahar Sementara terwujudnya acara tersebut, tidak lepas berkat dukungan penuh dari Kementrian Pariwisata Rl, Dinas Pariwisata Provinsi Bali serta Instansi terkait lainnya.

Kegiatan ini merupakan wujud dukungan terhadap program Pesona Indonesia, dan merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan Karangasem, The Spirit of Bali. Festival Pesona Tirta Gangga berlangsung selama tiga hari mulai 24 hingga 26' Agustus 2017, dengan mengusung tema Karangasem the Spirit Of Bali. Penyelenggaraan Pesona Festival Tirtagangga ini dimaksudkan untuk mengembangkan pariwisata budaya yang ada di Kab.Karangasem serta memperkenalkan potensi seni dan budaya Karangasem pada tingkat Nasional dan Internasional melalui pagelaran dan lomba. Disamping memperkenalkan seni dan budaya nantinya akan sekaligus memperkenalkan salah satu Obyek Daya Tarik Wisata (ODTW) Taman Tirtagangga serta membangkitkan industri kreatif masyarakat Karangasem melalui ajang pameran industri kecil sebagai pendukung even ini, diakhir acara di tandai dengan pelepasan Balon.[krs/r3]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved