-->

Senin, 21 Januari 2019

Rai Mantra Buka Musrenbang RPKD Tahun 2020 Kecamatan Denpasar Selatan

Rai Mantra Buka Musrenbang RPKD Tahun 2020 Kecamatan Denpasar Selatan

Musyawarahkan 34 Program, Tekankan Beragam Inovasi Berikan Kemanfaatan Bagi Masyarakat

Denpasar,Balikini.Net - Kecamatan Denpasar Selatan kembali menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2020 yang digelar di Gedung Madu Sedana, Desa Sanur Kauh, Denpasar, Senin (21/1). Kegiatan yang mengangkat tema “Meningkatkan kapasitas sumber daya manusia untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat” yang membahas 34 program ini dibuka langsung Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar, I Wayan Mariyana Wandhira, serta Camat Denpasar Selatan, I Wayan Budha. Hadir pula dalam kesempatan tersebut pimpinan OPD, anggota DPRD Kota Denpasar serta instansi terkait lainya.

Dalam laporanya, Camat Denpasar Selatan, I Wayan Budha menjelaskan bahwa Musrenbang RPKD Tahun 2020 ini dilaksanakan sebagai forum musyawarah pemangku kepentingan,  guna membahas dan menyepakati langkah penanganan program prioritas yang terintegrasi dengan prioritas pembangunan desa/lurah di wilayah kecamatan.

“Pelaksanaan musrenbang ini sebagai upaya untuk mengintegrasikan berbagai program prioritas di desa/lurah,” jelasnya.

Adapun pelaksanaan kegiatan ini sesuai dengan amnat UU No 25 tahun 2004 tentang sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Permendagri No 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah.

“Ada tiga hal penting yang menjadi tujuan pelaksanaan Musrenbang RPKD tahun 2020 ini adalah membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan Denpasar Selatan, sinkronisasi pembangunan desa/kelurahan, dan pengelompokan program prioritas sesuai dengan tupoksi perangkat daerah,” paparnya.

Sementara, Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra dalam sambutanya menekankan beberapa hal penting dalam pembanguna. Mulai dari Fasilitas Sosial, Lingkungan Hijau, Infrastruktur, Penguatan Lembaga, Pelayanan Publik dan Penanganan Kesehatan. Rai Mantra mengatakan selain beberapa program tersebut tentunya musrenbang ini diharapkan mampu menyelaraskan pembangunan di kecmatan, desa dan lurah sesuai dengan visi misi Kota Denpasar.

“Program yang dikerjakan nantinya harus sesuai dengan visi dan misi Kota Denpasar, serta selaras mulai dari tingkat desa/lurah hingga tingkat kota,” kata Rai Mantra.

Rai Mantra menambahkan bahwa pelaksanaan Musrenbang ini hendaknya mampu menghadirkan solusi terhadap permasalahan di masyarakat. Hal ini berkenaan dengan program prioritas masyarakat di berbagai bidang, mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, fasilitas sosial, lingkungan, serta pelayanan publik.

“Selamat bermusyawarah, besar harapan dapat menghasilkan inovasi dan program kerja yang memberikan solusi atas permasalahan masyarakat serta memberi kemanfaatan bagi kesejahteraan masyarakat,” harap Rai Mantra.

Untuk diketahui bahwa Musrenbang RPKD Tahun 2020 Kecamatan Denpasar Selatan ini diikuti oleh sedikitnya 173 orang yang terdiri atas OPD dan Instansi terkait di Kecamatan Denpasar Selatan. Sebanyak 34 program kerja sedianya akan direalisasikan dengan jumlah dana Rp. 195 Miliar lebih sesuai dengan E-Plannning yang di input oleh masing-masing desa/lurah. yang terdiri atas bidang infrastruktur terdapat 32 usulan dengan jumlah dana Rp. 195.063.298.898,-, Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia terdapat 1 usulan program dengan nilai Rp. 3.640.898.000,- dan Bidang Ekonomi dan SDA terdapat 1 usulan program dengan dana Rp. 1.308.500.000,-. (Ags/r5)


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved