-->

Selasa, 12 Februari 2019

Kadis PPPAPPKB Buka Diklat Perencanaan Dan Penganggaran Responsif Gender

Kadis PPPAPPKB Buka Diklat Perencanaan  Dan Penganggaran Responsif Gender

Jembrana ,Balikini.Net - Pendidikan dan pelatihan(Diklat) Perencanaan dan Penganggaran Rensponsif Gender dilangsungkan selama 2(dua) hari sejak Senin-Selasa(11-12/2) bertempat di Aula Pertemuan Jimbarwana lantai 2 Kantor Bupati Jembrana.

Diklat diikuti oleh para pejabat perencana yang ada di setiap OPD Pemkab. Jembrana, Auditor pada Inspektorat dan Sekdes se Kabupaten Jembrana dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas PPPAPPKB, Ni Made Ari Sugianti dengan menghadirkan fasilitator Pengarus Utamaan Gender(PUG) Propinsi Bali, I Nyoman Suparwa, SE.

Kadis PPPAPPKB, Ni Made Ari Sugianti dihadapan peserta diklat minta agar peserta dapat memahami dan mengimplementasikan konsep gender dalam setiap kegiatan perencanaan dan penganggaran sehingga terwujud pengarus utamaan gender di Kabupaten Jembrana. “Hingga saat ini pemahaman masyarakat terkait dengan gender masih dikonotasikan dengan perempuan. Namun sejatinya, gender mengacu pada perbedaan peran, status, tanggung jawab, fungsi, prilaku laki-laki dan perempuan yang merupakan kontruksi sosial. “ujarnya.

Penganggaran yang resfonsif gender, kata Ari Sugianti, merupakan instrumen untuk mengatasi adanya kesenjangan akses, partisipasi, manfaat dan kontrol. “ dalam penyusunan perencanaan kebijakan program dan kegiatan Responsif Gender agar melalui langkah-langkah yang dapat digunakan sebagai alat bantu untuk mengidentifikasi kesenjangan gender diberbagai bidang pembangunan, “pungkasnya(eka/hmsj). 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved