-->

Kamis, 28 Februari 2019

Masyarakat Minta Dana Hibah Ditingkatkan

Masyarakat Minta Dana Hibah Ditingkatkan

Denpasar , Balikini.Net - Dana hibah bansos selama ini menjadi salah satu bantuan pemerintah yang difasilitasi oleh Dewan. Maka dari itu, harapan masyarakat terhadap dana tersebut sangat tinggi. 

Seperti yang disampaikan oleh Anggota Dewan asal Kuta Selatan Wayan Rawan Atmaja. Dirinya menyatakan, dari hasil reses yang telah dirinya lakukan sejak tanggal 28 Februari 2018, banyak masyarakat yang menyampaikan aspirasinya. 

Dari beberapa titik saat turun ke masyarakat, banyak yang menyampaikan terkait dana hibah bansos dari Pemprov Bali. "Secara Umum permintaan  kebanyaan masyarakat mohon dana Hibah tetep diadakan," katanya saat dikonfirmasi, Kamis (28/02).

Tak hanya itu saja, masyarakat juga meminta kepada Pemerintah agar dana hibah bisa dinaikkan. Pasalnya, dana hibah memberikan manfaat dimasyarakat. "Bila perlu ditingkatkan," kata Caleg nomor urut satu Partai Golkar Dapil Badung ini. 

Selama ini, peran Dana Hibah Bansos diklaim mampu meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat. Dengan adanya dana tersebut yang difasilitasi Dewan, maka proses dan mekanismenya akan semakin mudah dan cepat terealisasi. Disamping itu, jika masyarakat yang mengusulkan, masih harus melalui persyaratan yang terbilang berbelit-belit. Misalnya saja harus melalui kajian terlebih dahulu. Hal inilah yang membuat proses terkesan tak merepotkan.

Selain itu, varian pencakupan terhadap penerima hibah juga semakin luas. Contohnya saja untuk pemberian bantuan pada Kelompok Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). "Dengan hibah, kita bisa bantu mereka. Misalnya banjar ini melakukan pelatihan, dan sebagainya," akunya. 

Rawan menambahkan, alokasi Dana Hibah yang diajukan oleh pemohon, akan bisa berdampak besar pada program kemasyarakatan. "Satu komponen nomenklatur pemohon bisa membuat program banyak hal. Itulah hibah. Dari Dadia misalnya, satu Dadia A mengajukan Gong, kemudian Dadia B mengajukan Pelinggih, Dadia C mengajukan baju Pemangku. Dadia saja bisa mengkoordinir berapa program dengan Dana Hibah itu," tegasnya.

Dengan alasan dan beberapa pertimbangan tersebut, Dana Hibah pada dasarnya bisa mencakup banyak hal dan mempunyai jangkuan yang luas. Sehingga, dirinya menghimbau kepada Pemerintah agar mengoptimalkan Dana Hibah guna meningkatkan partisipasi pembangunan masyarakat. Namun, tetap harus dengan proses verifikasi dan kelayakan yang benar. 

"Sebenarnya kalau ingin Pemerintah mau meningkatkan partisipasi pembangunan masyarakat itu, maka program yang paling efektif itu, ya Hibah ini. Dengan catatan verifikasinya benar, layak atau tidak kah dia menerima hibah," tandasnya. 

Terakhir, Rawan menambahkan, Pemerintah juga harus tanggap dan tetap berkomitmen pada kesejaterahan rakyat. Dikhawatirkan, kejadian beberapa tahun lalu soal hibah tak dicairkan. "Jangan sampai kejadian tahun 2013 dan 2018 terulang lagi. Sudah diverifikasi ke lapangan, akhirnya tidak dicairkan. Kita selaku wakil rakyat menjadi bohong," pungkasnya. Dp/r2

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved