-->

Sabtu, 30 Maret 2019

Bupati Tabanan Apresiasi dan Dukung Pelaksanaan STQH XXV

Bupati Tabanan Apresiasi dan Dukung Pelaksanaan STQH XXV

Tabanan,Balikini.Net - Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastutiyang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan I Gusti Ngurah Supanji  
membuka secara resmi Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH)  XXV Kabupaten Tabanan memberikan apresiasi dan dukungannya terhadap pelaksanaan STQH XXV yang digelar di Balai Banjar Tunggal Sari, Kecamatan Tabanan, Tabanan, Sabtu, (30/3)

"Atas nama Pemkab Tabanan, saya memberikan apresiasi dan dukungan positif  pelasanaan STQH di Tabanan karena STQH tidaklah sekedar lomba membaca ayat-ayat suci, tapi lebih dari itu bertujuan untuk menanamkan sejak dini bagi kalangan anak-anak agar memiliki minat untuk mendalami ajaran suci Nabi Muhammad sehingga umat tidak kehilangan jati dirinya," paparnya.

Bupati Eka memandang STQH merupakan langkah yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai universal yang terkandung dalam Al Quran mengingat tantangan yang dihadapi oleh generasi kita pada era globalisasi ini semakin kompleks. Bupati Tabanan juga berharap ayat-ayat suci Al Quran yang menjadi materi pada STQH ini jangan hanya sekedar dibaca dan dihafal, namun yang lebih penting adalah bagaimana kita semua dapat memaknai, menghayati untuk selanjutnya dilaksanakan dengan penuh keyakinan suci.

Bupati berpesan khusus kepada peserta, janganlah semata-mata mengejar juara untuk menjadi duta Tabanan pada ajang yang lebih tinggi, namun yang lebih penting adalah dapat menambah wawasan dan pengalaman, sehingga ajaran Nabi Muhammad yang dituangkan dalam al quran dapat dihayati dan dilaksanakan dalam  kehidupan sehari-hari.

Bupati Tabanan juga mengucapkan selamat kepada para juara. Kepada para peserta yang hari ini gagal menjadi juara janganlah berkecil. Masih ada kesempatan pada tahun-tahun mendatang. Yang penting agar tetap berusaha untuk menjadi yang terbaik.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tabanan,  Ida Bagus Putu Arsana yang diwakili Kasubbag TU Kemenag 
Tabanan  I Ketut Merta mengemukakan bahwa penyelenggaraan STQH seperti seakrang ini tentu tidak hanya sekedar 
bermakna sebagai peneguhan syiar Islam, tetapi lebih jauh diharapkan bisa menjadi barometer dalam  mengukur hasil 
kegiatan pembelajaran Al Qur'an di masyarakat melalui Taman Pendidikan Al Quran yang ada di Kabupaten Tabanan.

Ida Bagus Putu Arsana berharap acara STQH ini bisa berjalan dengan lancar dan menghasilkan juara terbaik yang akan 
mewakili Kabupaten Tabanan, karena " Tabanan pada STQH XXV tingkat Provinsi Bali yang akan dilaksanakan 27 dan 28 
April nanti menjadi tuan rumah.

Ketua Panitia STQH XXV Kabupaten Tabanan M. Barlian dalam laporannya menjelaskan STQH yang mengusung tema "Al Quran 
meneguhkan ukhuwah dan menciptakan Harmoni dalam keberagaman" ini menyelenggarakan dua cabang lomba yakni Cabang 
Tilawah Al Qur'an anak dan dewasa  putra-putri serta cabang Tahfidz (hafalan) Al Qur'an golongan 1 juz, 5 juz, 10 
juz, 20 juz dan 30 juz putra dan putri.

STQH XXV Tabanan biayanya bersumber dari Kantor Kemenag Tabanan Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Tahun 2019. STQH diikuti 39 orang peserta perwakilan dari tujuh kecamatan di Kabupaten Tabanan yang sebelumnya telah menjadi juara pada pelaksanaan Lomba STQH di tingkat kecamatan masing-masing.


Lomba yang digelar selama sehari, Dewan Hakim memutuskan  Kafilah Kecamatan Tabanan yang meraih lima juara pertama (medali emas) akhirnya keluar sebagai Juara Umum Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) XXV tahun 2019 Tingkat Kabupaten Tabanan, Bali. Sebagai juara umum II diraih Kafilah Kecamatan Kediri yang berhasil mengumpulkan empat medali emas. 

Selengkapnya, para juara STQH XXV Tingkat Kabupaten Tabanan adalah sebagai berikut. Cabang lomba Tilawah anak putra juara I diraih Aditya Putra Mandala ( Kecamatan Tabanan), juara II Rizal Fauzi (Penebel), Juara III Ramadhan Abdi Pamungkas (kediri). 

Cabang lomba Tilawah anak putri, juara I diraih Aldila Eka Deswita Hudalifah (Tabanan), Juara II Talita Hasna Humaira (kerambitan), Juara III Ralashandy Armylistya Latifa Fauzin (Kediri). Sedangkan Tilawah dewasa putri juara I diraih Novi Fitriyani Dewi (pupuan) dan juara II diraih Dwi Putri Yanis (kerambitan). 

Pada cabang lomba Tahfidz  golongan 1 Juz putra juara I diraih Ayub Al Ansori (Penebel), Juara II Ibnu Zakwan Zakki (Kediri) dan Juara III Muhammad Fauzan A (Selemadeg). Golongan 1 juz putri juara I diraih Ayudia Zahro Amalia (Tabanan), Juara II Maylan Unsul Maulida (Kerambitan) dan Juara III Faizatur Rahmah (Kediri) 

Sementara pada Golongan 5 juz putra juara pertamanya diraih Firman  utusan dari Kecamatan Kediri. Untuk golongan 5 juz putri juara I diraih  Sopia Rachma Cyntia Dewi (kediri) dan Juara II Putri Nabila (Kerambitan). Golongan 10 juz putra juara I diraih  Eky Ananta Sukma ( Tabanan) dan Juara II diarih Dila Agustin Syam (Kediri) dan golongan 10 juz putri juara I diraih Arifatul Hikmah (Kediri). Sedangkan golongan 20 juz putra juara I diraih Irsyad Umaini (Kediri) dan juara II diraih Amri Rahman dari Kecamatan Tabanan
Irsyad Umaini (Kediri) dan juara II diraih Amri Rahman dari Kecamatan Tabanan.*

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved