Bupati Mas Sumatri Minta OPD Turut Perangi Hoax - Bali Kini

Bali Kini

Bali Kini, Portal Berita Bali

Breaking News

Selasa, 28 Mei 2019

Bupati Mas Sumatri Minta OPD Turut Perangi Hoax

Karangasem ,BaliKini.Net - Penyebarluasan informasi sangatlah diperlukan, khususnya juga sangat diperlukan oleh Pemerintah Kabupaten Karangasem. Hal ini penting karena, setiap kegiatan, himbauan, petunjuk, maupun hal-hal yang berkaitan dengan pemerintahan perlu diketahui oleh masyarakat dengan tujuan agar masyarakat tidak tertinggal informasi mengenai kegiatan pemerintah maupun hal-hal penting yang disampaikan Pemerintah. 

Meskipun sangat banyak dan beragam penyebarluasan informasi yang berdampak baik bagi masyarakat tidak jarang pula ditemukan berita“HOAX” atau berita yang mengandung ujaran kebencian. Munculnya berita seperti ini tentu saja dapat memicu keresahan dan juga pertikaian di masyarakat. 

Maka, disinilah peran OPD dianggap sangat penting dalam memerangi liarnya berita dari pewarta yang tidak bertanggungjawab. Hal tersebut disampakan Bupati Karangasem dalam sambutannya yang dibacakan Plt Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setda Kab. Karangasem, I Wayan Sutapa, di Aula Sabha Widya Praja Dinas Pendidikan, Senin (27/5/2019).  

Humas dan Protokol Kabupaten Karangasem membuat terobosan baru untuk meningkatkan  wawasan teknis pengelolaan informasi dan dokumentasi di masing-masing  OPD dengan menggelar pelatihan sumber  daya manusia bidang jurnalistik Pelatihan dibuka  Humas dan Protokol dibawah pimpinan Edy Setiadi Dwijantoro, melaksanakan pelatihan SDM bidang jurnalistik selama tiga hari sejak Senin (27/5) sampai  Rabu (29/5). Pelatihan ini diikuti 50 peserta dari bagian Humas Protokol Setda Kab. Karangasem dan perwakilan OPD terkait.

Sutapa menegaskan, pimpinan telah membuat terobosan baru, dengan melayani masyarakat melalui hubungan kerjasama dengan berbagai media massa,cetak,televisi dan radio hingga media online. Saat ini Pemerintah Kabupaten Karangasem telah membuat situs web dan juga media sosial yang digunakan untuk membagikan hal-hal penting serta kegiatan pelayanan Pemerintah Kepada masyarakat. Ruang ini tentu harus digarap maksimal oleh SDM yang mumpuni menangkal informasi keliru dengan menyampaikan program pemda di OPDnya masing-masing.  

Sementara itu, Edy Setiadi memaparkan, hari pertama pelatihan akan diisi dengan materi peningkatan peran kehumasan untuk menunjang kegiatan pemerintah daerah Kab. Karangasem. Hari kedua, dilanjutkan dengan pemberian materi etika penggunaan medsos, di Taman Soekasada Ujung serta Orientasi Lapangan di Media TVRI Bali, Denpasar pada Kamis (29/5/2019).

Narasumber pada kegiatan ini, Putu Rio Rahdiana,S.STP dan I Gede Sudarmawan dari Biro Humas dan Protokol Sekda Provinsi Bali. Drs. I Ketut Sutakariana dan Yugi Wirlin ch,S.Sos dari Stasiun TVRI Bali. 

Edy Setiadi juga menuturkan, ketika para peserta sudah dibekali, nantinya teori pelatihan, agar bisa dipraktekkan dengan baik. Saat pelatihan berlangsung, tinggal praktek saja dan saling mengisi antara teman-teman lainnya.  "Jangan takut salah menulis. Nanti tulisan dari rekan-rekan peserta dari masing-masing OPD akan disaring kembali oleh Humas Protokol sebagai leading sektor," katanya.

Perwakilan dari masing-masing OPD yang mengikuti pelatihan bisa  membagi ilmunya dengan rekan kerja dan bisa dimanfaatkan untuk meliput segala kegiatan yang ada di kantornya

"Dengan cara ini, Humas Protokol akan semakin banyak memperoleh informasi dari masing-masing OPD," imbuhnya.

Edy Setiadi menegaskan, kegiatan ini akan dievaluasi, kalau ada manfaatnya, maka kegiatan ini akan dilakukan rutin setiap tahun. Sebelumnya, para peserta juga diminta membuat sebuah berita tentang kegiatan ini. Hari terakhir pelatihan tulisan, peserta dinilai untuk mengetahui sejauh mana mereka memahami materi dari kegiatan pelatihan ini. 

Keluar sebagai pemenang diumumkan di Balai Kambang, Taman Ujung sebagai lokasi pelatihan hari ke Dua oleh Kassubag Dokumentasi Pengumpulan dan Penyaringan Data/Informasi,I Gusti Bagus Jaya Arsana menyebutkan, Juara I, II, III penulisan berita masing-masing diperoleh,  Ni Putu Tia Pratiwi Dinas Kesehatan, I Gusti Ayu Gayatri Disdukcapil dan Ayu Putu Yuni Pratiwi Dinas Perikan. Sedangkan Juara I, II, III Photografi diperoleh masing-masing oleh Windhi Piniasari BPBD, I Made Dwi Wijana Putra DPRD, Ida Wayan Gangga Dishub.
Metode Pelatihan berisi sesi ceramah, tanya jawab,penugasan dan evaluasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net