-->

Kamis, 15 Agustus 2019

WABUP ARTHA DIPA LEPAS PESERTA NAPAK TILAS / PELACAKAN ROUTE PERJUANGAN I GUSTI NGURAH RAI

WABUP ARTHA DIPA LEPAS PESERTA NAPAK TILAS / PELACAKAN ROUTE PERJUANGAN I GUSTI NGURAH RAI

Karangasem,BaliKini.Net - Sebanyak 36 regu mengikuti Napak Tilas / Pelacakan route perjuangan Pahlawan Nasional  I Gusti Ngurah Rai yang diadakan setiap tahun menjelang HUT Proklamasi ke- 74 RI di Karangasem. Kegiatan  pelacakan dilepas Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa, Kamis 15 Agustus 2019, di Tugu Tonggak Perjuangan  Dusun Pemuteran Desa Pempatan Kecamatan Rendang.

Menurut laporan Ketua Panitia Pelacakan Ni Ketut Puspa Kumari, Dari 36 regu tersebut, sebanyak  10 regu putra dan 9 regu putri dari tingkat pelajar, sedangkan  8 regu putra dan 4 regu putri tingkat umum, Masing-masing regu terdiri dari 10 orang. Disamping kategori umum dan pelajar terdapat 5 regu penyapu ranjau. Rute napak tilas dimulai dari Dusun Pemuteran menuju penginapan di SD 2 Sebudi, Selat kemudian keesokan harinya dilanjutkan menuju Tanah Aron, terus menuju Pura Laga dan peserta akan menginap di Pura Laga. Kemudian Besoknya perjalanan dilanjutkan  tanggal 17 Agustus 2019 menuju Gedung Yasa Kerti Amlapura untuk mengikuti persiapan upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 tanggal  17 Agustus 2019 yang akan digelar di Lapangan Tanah Aron, Amlapura.

Wabup Artha Dipa saat pelepasan napak tilas mengatakan, kegiatan ini adalah sebagai salah satu wujud penghargaan dalam upaya peningkatan kesadaran tentang nilai-nilai perjuangan terhadap jasa Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai. "Jadikanlah kegiatan ini sebagai kilas balik penghayatan kita terhadap hikmah perjuangan para pendahulu yang telah kita warisi bersama, kemudian mari kita isi kemerdekaan ini dengan berbagai pembangunan untuk dapat diwariskan kepada anak cucu kita" ujarnya.

Lebih lanjut , Artha Dipa mengatakan Semoga peringatan ini dapat memberikan kekuatan moral dan mampu menyegarkan tekad persatuan dan kesatuan pada setiap insan Bangsa Indonesia umumnya masyarakat Kabupaten Karangasem khususnya, sehingga kita dapat meningkatkan kwalitas hidup yang bersih, cerdas derta bermartabat.

Upacara pelepasan Napak Tilas ini juga dihadiri, Dandim 1623 Karangasem, Para Kepala OPD,Para Veteran dan Siswa SD, SMP dan SMA. [rls/r5]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved